TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Soal SGIE, TPN: Seharusnya Moderator Jelaskan Arti Singkatan Itu

Soal SGIE, TPN: Seharusnya Moderator Jelaskan Arti Singkatan Itu

23 Desember 2023 18:28 WIB
Soal SGIE, TPN: Seharusnya Moderator Jelaskan Arti Singkatan Itu
Soal SGIE, TPN: Seharusnya Moderator Jelaskan Arti Singkatan Itu

TVRINews, Jakarta

Deputi Politik 5.0 Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar–Mahfud, Andi Widjajanto menerangkan jika seharusnya moderator memberikan kesempatan untuk menjelaskan singkatan dari State of the Global Islamic Economy (SGIE) yang tidak dipahami oleh paslon lain. 

"Sebaiknya memang moderator memberikan kesempatan untuk itu dijelaskan. Kalau tidak maka rakyat tidak mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan debat yang berkualitas," kata Andi dalam keterangannya di media center TPN Ganjar Mahfud, Menteng, Jakarta pada hari Sabtu 23 Desember 2023.

Lebih lanjut, Andi menyebutkan akibat hal tersebut Cak Imin menjadi kehilangan waktu karena langsung dipotong menjadi 10 detik saat mencoba bertanya tentang SGIE.

"Jadi kemarin cak Imin kehilangan waktu ya, 1 - 2 menit karena tidak bisa memakainya, karena langsung dipotong menjadi 10 detik, ketika Cak Imin ingin bertanya apa itu SGIE," ujarnya.

Selain itu, Andi mengungkapkan adanya risiko singkatan yang dapat membingungkan karena ketika mendengar kata SGIE, yang terlintas dalam pikirannya adalah nasi gurih di Jogja.

"Waktu saya mendengar kata SGIE itu yang saya bayangkan itu nasi gurih di Jogja, Sego Gurih Ingkung Enak. Hal itu kan yang membuat satu terminologi belum tentu dia artikan sama," ucapnya.

Sebelumnya, terdapat momen menarik yang kembali terjadi saat calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan calon wakil presiden nomor 2 Gibran Rakabuming Raka dalam segmen saling tanya dalam Debat Cawapres yang berlangsung di Gedung Jakarta Convention Centre (JCC), Jumat, 22 Desember 2023.

Pasalnya, Cak Imin tidak paham terkait pertanyaan yang diberikan oleh Gibran terkait State of the Global Islamic Economy (SGIE).

"Bagaimana langkah Gus Muhaimin untuk menaikkan peringkat indo di SGIE?," kata Gibran saat bertanya kepada Cak Imin.

"Terus terang SGIE saya kurang paham, SGIE itu apa?," ujar Cak Imin.

Baca Juga: Waketum PKB: Kalau Cak Imin Punya Semangat 'Selepetnomic', yang Lain Cuma Barang Usang

Pewarta: Krisafika Taraisya Subagio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI