TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Gibran Dinilai Layangkan Pertanyaan di Luar Tema, TPN: Kami Minta KPU Bersikap Tegas!

Gibran Dinilai Layangkan Pertanyaan di Luar Tema, TPN: Kami Minta KPU Bersikap Tegas!

23 Desember 2023 21:57 WIB
Gibran Dinilai Layangkan Pertanyaan di Luar Tema, TPN: Kami Minta KPU Bersikap Tegas!
Gibran Dinilai Layangkan Pertanyaan di Luar Tema, TPN: Kami Minta KPU Bersikap Tegas!

TVRINews, Jakarta

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar–Mahfud menyayangkan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka mempertanyakan soal ‘Carbon Storage’ ke Cawapres Nomor Urut 3, Mahfud MD saat debat perdana cawapres pada Jumat, 22 Desember 2023.

Politisi Senior PDI Perjuangan / Ketua Tim Penjadwalan TPN, Aria Bima menuturkan, seharusnya pertanyaan tersebut dilayangkan di debat keempat, yang akan diselenggarakan  21 Januari 2024 mendatang.

Atas hal itu, Aria meminta agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI dengan tegas memastikan jika pertanyaan yang diajukan oleh capres maupun cawapres harus relevan sesuai tema debat yang telah ditentukan.

"Kalau konteksnya menyangkut karbon yang itu masih di debat berikutnya, itu gimana. Penting ada ketegasan dari KPU," kata Aria di media center TPN Ganjar Mahfud, Menteng, Jakarta pada hari Sabtu 23 Desember 2023.

"Kalau ternyata di situ keluar hal yang menyangkut karbon, terus bagaimana, tidak terkait dengan tema substansi debat, kami taat itu substansi debat, batasannya dimana untuk menjadi substansi di dalam visi misinya, di dalam programnya, maupun di dalam tanya jawab, atau saling mendebat" lanjutnya.

Selain itu, Aria menyampaikan pasangan Ganjar-Mahfud ini sangat patuh dengan ketentuan pada teknis debat. Namun, ia meminta ketegasan dari KPU terkait kemungkinan intervensi saat debat.

"Jadi saya minta ketegasan KPU, kemarin harus ada keteguran, karena dari LO yang disampaikan ke kita, bahwa tidak ada yang namanya intervensi ke kanan dan ke kiri ataupun maju. Pak Mahfud menyatakan kami taat pada ketentuan KPU," ucap Aria.

Sebelumnya, Mahfud menyampaikan bahwa dirinya tetap konsisten dalam memenuhi aturan KPU.

“Saya tetap ikut aturan, termasuk tidak boleh meninggalkan podium, itu kan aturan. Kalau saya mau, wah bisa sambil nari-nari di depan. Tapi oke lah. KPU kan yang begitu-begitu ya ndak bertindak juga, ndak apa-apa,” tutur Mahfud.

Sebagai informasi, tema debat pada 21 Januari 2024 adalah “Pembangunan Berkelanjutan,” akan membahas tentang Sumber Daya Alam (SDA), Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Pewarta: Krisafika Taraisya Subagio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI