TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • SGIE, Cak Imin Dan Gibran Masih Menjadi Kata Trending Di Laman X

SGIE, Cak Imin Dan Gibran Masih Menjadi Kata Trending Di Laman X

24 Desember 2023 10:59 WIB
SGIE, Cak Imin Dan Gibran Masih Menjadi Kata Trending Di Laman X
Foto: Kapten Tim Nasional Pemenangan (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) (Doc. TVRINews)

TVRINews, Jakarta

SGIE menjadi kata trending topik di laman media sosial X atau dulu disebut Twitter. Hingga pagi ini kata Gibran dan Cak Imin juga masih menjadi kata trending atau populer pasca debat kedua khusus cawapres, Jumat 22 Desember 2023 di JCC. 

Pertanyaan yang dilontarkan cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, kepada cawapres nomor urut 1, Muhaimin Iskandar (Cak Imin), tentang State of the Global Islamic Economy atau SGIE juga viral di media sosial lain diantaranya tiktok. 

Cawapres nomor urut 1, Cak Imin terang-terangan mengaku tidak memahami istilah yang ditanyakan Gibran. 

Cak Imin menyampaikan dirinya lupa terkait dengan istilah SGIE (State Of Global Islamic Economy).

Cak Imin menjelaskan, jika dalam dunia ekonomi memliki banyak sekali singkatan yang ada di Indonesia ini dan ia mengaku ada sebuah singkatan yang dirinya lupa.

"Ya namanya istilah itu kan banyak sekali. Ada yang kadang kita hafal, ada yang kebetulan kita lupa singkatannya," kata Cak Imin kepada wartawan di  JCC Senayan, Jakarta Pusat, Jumat 22 Desember 2023 malam.

Kemudian, ia mengatakan jika pertanyaan tersebut harus merujuk pada instansi yang jelas. Hal ini dikarenakan, di Indonesia ekonomo merupakan hal yang sangat penting.

"Tapi ini biasa, pertanyaan-pertanyaan yang bisa saja dimunculkan setiap saat, dan yang penting kita ngerti substansinya dan bisa menjelaskan dengan tepat, apa yang sebetulnya (dimaksud) kepentingan ekonomi syariah yang menjadi bagian dari kekuatan bangsa kita," terang dia.

Sementara itu, Kapten Tim Nasional Pemenangan (Timnas) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar atau Cak Imin (Amin) M Syaugi Alaydrus menyayangkan terkait dengan pertanyaan yang diberikan Gibran itu.

Syaugi menilai,seharusnya pertanyaan yang diucapkan oleh Gibran seharusnya bisa dihindarkan.

"Tadi kami (Timnas AMIN) memang menyangkan tentang pertanyaan singkat (dari Gibran), tadi kami juga sampaikan kepada ketua KPU dan hal-hal seperti ini harusnya dihindari jadi tidak perlu lagi seperti ini," kata Syaugi kepada wartawan di JCC Senayan, Jumat 22 Desember 2023 malam.

Ia menerangkan, jika Anies Baswedan capres nomor urut 1 menilai jika mempertanyakan singkatan itu merupakan pertanyaan yang ada di kelas menengah bawah. 

Dengan kejadian tersebut, Syaugi berharap agar saat debat selanjutnya tak ada Capres-Cawapres yang menanyakan hal serupa.

"Yah mudah-mudahan nanti kedepan hal ini bisa diperbaiki dengan baik, sehingga debat ini betul-betul menunjukkan kelas seorang calon wakil presiden dan calon presiden," tukasnya.

Atas hal ini, institute for development of Economic and Finance (INDEF) menyampaikan rilisnya yang diterima TVRINEWS, bahwa cak Imin menjadi perbincangan dengan sentimen negatif di media sosial. 

Para Warganet menyayangkan performa debat cak imin yang dinilai kurang. Sebaliknya dalam analisis INDEF, cawapres nomor urut 2 mendapat sentimen positif oleh Warganet karena dianggap menguasai debat

Pewarta: Redaksi TVRINews
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI