RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pelatihan Saksi, Bawaslu Ingin Wujudkan Pemilu 2024 Jujur

Pelatihan Saksi, Bawaslu Ingin Wujudkan Pemilu 2024 Jujur

24 Desember 2023 13:27 WIB
Pelatihan Saksi, Bawaslu Ingin Wujudkan Pemilu 2024 Jujur
Tenaga Ahli (TA) Bawaslu Ronald Manoach (kanan) dalam acara 'Collabs Fest' yang diselenggarakan Bawaslu RI, di Sarinah, Jakarta, Minggu (24/12/2023). (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: Dalam mewujudkan Pemilu 2024 jujur, adil, dan rahasia, Bawaslu RI mulai fokus melakukan pelatihan saksi. Bahkan, Bawaslu sudah berkoordinasi dengan parpol peserta Pemilu 2024 terkait saksi.

"Bawaslu sudah lakukan pelatihan saksi. Baik itu, saksi Bawaslu tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota," kata Tenaga Ahli (TA) Bawaslu Ronald Manoach dalam acara 'Collabs Fest' yang diselenggarakan Bawaslu RI, di Sarinah, Jakarta, Minggu (24/12/2023).

Ronald menyadari, pentingnya membangun kesadaran kolektif pada Pemilu 2024. Kemudian, masyarakat juga membutuhkan etika kesadaran politik dalam menciptakan demokrasi.

"Jadi, demokrasi pancasilais. Demokrasi yang mempersatukan, berkeutuhan, adil beradap, itu harus dibangun," ucap Ronald.

Kemudian, Ronald memastikan, Bawaslu akan terus menjadi pematik untuk menumbuhkan kesadaran demokrasi di masyarakat. Salah satunya, yakni dengan menggelar acara seperti Collabs Fest 2023 ini.

"Masyarakat bisa menangkap ini, intens berkolaborasi membuat infrastuktur demokrasi. Kita ciptakan SDM, bisa jadi capres-cawapres, DPR RI, DPD, gubernur, wali kota, bupati," ujar Ronald.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI