RRI

Anies Tanggapi SGIE pada Debat Cawapres

23 Desember 2023 17:43 WIB
Anies Tanggapi SGIE pada Debat Cawapres
Capres nomor urut 01, Anies Baswedan saat melakukan safari kampnye diwilayah Kota Tangerang. (Foto:RRI/Saadatuddaraen)

KBRN, Jakarta: Capres nomor urut 01, Anie Baswedan memberikan tanggapan terkait hasil dari debat cawapres yang dihelat KPU di JCC, Senayan, kemarin. Khususnya terkait topik pertanyaan dari cawaores nomor urut 02, soal SGIE.

"Alhamdulillah kami bangga selalu dengan apa yang disampaikan Gus Muhaimin gagasan rencana terkait dengan bagaimana kita bisa merasakan manfaat dari pertumbuhan ekonomi. Itu semua gagasannya terungkapkan dan insya Allah jadi bahan yang makin meyakinkan," kata Anies, Sabtu (23/12/2023).

Terkait dengan banyaknya pertanyaan teknis, Anies mengungkapkan, hal tersebut tidak substantif. Khususnya yang disampaikan oleh Gibran mengenai SGIE. "Jadi ketika pertanyaan adalah soal terminologi teknis pada level ini bisa dijawab dengan google sebenarnya," ujarnya

Dia menegaskan, karena yang dibutuhkan di tingkat kepemimpinan nasional adalah hal-hal yang substantif. Anies meyakini publik bisa melihat kualitas pertanyaan yang disampaikan oleh Gibran.

Menurutnya, posisi pimpinan negara seharusnya lebih berpikir pada aspek substansi. "Padahal makin tinggi posisi makin berfokus pada substansi dan di tingkat kepemimpinan nasional itu pada tingkat substansi," imbuhnya.

"Tapi sebagai pertanyaan tentu sah-sah saja dan publik nanti akan menilai. Apakah memang ini format cerdas cermat untuk hafalan atau ini format tentang ideologi, gagasan, nilai yang kemudian diwujudkan dalam kebijakan," kata Anies.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Bara
Sumber: RRI