TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Mahfud MD di Haul Pendiri Al-Islah : Dorong Kontribusi Para Santri untuk Kemajuan Bangsa

Mahfud MD di Haul Pendiri Al-Islah : Dorong Kontribusi Para Santri untuk Kemajuan Bangsa

25 Desember 2023 00:51 WIB
Mahfud MD di Haul Pendiri Al-Islah : Dorong Kontribusi Para Santri untuk Kemajuan Bangsa

TVRINews, Jakarta

Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD menegaskan bahwa masa depan Indonesia tidak hanya bergantung pada keberadaan sekolah-sekolah umum, namun juga terletak di pesantren.

Hal itu ditegaskan oleh Mahfud MD, saat tausiah dalam acara Majelis Dikir dan Peringatan Haul KH. Ahmad Maimun Adnan ke-9 pendiri Pondok Pesantren Al-Ishlah Bungah, Gresik, Jawa Timur, Minggu, 24 Desember 2023.

"Saya ini lulusan pesantren, Gus Dur, Kyai Ma'ruf Amin juga lulusan Pesantren bisa ngelola negara, maka belajarlah baik-baik di pesantren," pesan Mahfud kepada para santri.

Kemudian, Mahfud mengatakan bahwa pendidikan pesantren memiliki berbagai kelebihan yang tidak hanya memberikan ilmu pengetahuan, tetapi juga memberikan dasar moral yang kuat.

"Orang Pesantren itu biasanya tawadu, tidak serakah dan tidak sewenang-wenang, karena landasan moralnya sudah kuat," ujar Mahfud.

Menurut Mahfud, pesantren telah memberikan kontribusi yang besar terhadap kemajuan bangsa. Ia juga menekankan bahwa kesejahteraan para guru pesantren perlu diperhatikan.

Dalam kesempatan tersebut, Mahfud mengungkapkan bahwa gaji guru ngaji dan guru-guru di Pesantren masih jauh dari kata sejahtera.

Menurutnya, hal ini perlu menjadi perhatian serius yang harus diperbaiki ke depannya.

"Saya lulusan pesantren, saya juga merasa cukup tahu kebutuhan-kebutuhan pesantren," tegas Mahfud.

Lebih jauh, acara ini menjadi momen Haul KH. Ahmad Maimun Adnan, dikarenakan bertepatan pada 100 hari meninggalnya KH. Ahmad Thohawi Hadin, pengasuh Pondok Pesantren Al-Ishlah.

Pada acara ini, turut hadir Kyai Ahmad Hadziq selaku Ketua Dewan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Islah, KH. Muhammad Hamdan selaku Ketua Perkumpulan Al-Islah, KH. Chusnan Ali, dan KH. Muhammad Ala'uddin.

Baca Juga: Bicara di Konsolidasi TPD Jabar, Ganjar Singgung Pelibatan Budayawan Mendekati Komunitas

Pewarta: Ridho Dwi Putranto
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI