RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Panwas LN Harus Perkuat Komunikasi dengan Sentra Gakkumdu

Panwas LN Harus Perkuat Komunikasi dengan Sentra Gakkumdu

25 Desember 2023 13:15 WIB
Panwas LN Harus Perkuat Komunikasi dengan Sentra Gakkumdu
Komisioner Bawaslu RI Herwyn JH Malonda. (Foto: Humas Bawaslu RI)

KBRN, Jakarta: Komisioner Bawaslu RI Herwyn JH Malonda mengatakan, pentingnya Panwas LN perkuat komunikasi dengan Sentra Gakkumdu. Semua itu, demi upaya melakukan mitigasi kerawanan Pemilu 2024 di Luar Negeri.

"Penanganan pelanggaran di luar negeri patut diperketat menghindari kecurangan yang mungkin terjadi. Karena, ada beberapa kerawanan yang perlu diperhatikan oleh Panwas LN," kata Herwyn dalam keterangan persnya, Senin (25/12/2023).

Herwyn pun mencontohkan, potensi daftar pemilih yang mungkin akan menjadi permasalahan. Karena, tidak terdata saat pemungutan suara Pemilu 2024.

"Potensi pelanggaran yang bisa terjadi ada hubungan antara daftar pemilih. Logistik dan pemberian suara, bisa saja ada yang tidak sesuai," ucap Herwyn.

Tidak lupa, Herwyn menegaskan, Panwas LN harus dapat mencermati data daftar pemilih sesuai waktu pemungutan suara. Jika ada ketidakcocokan, Panwas LN dapat menyarankan pemilih mendaftarkan diri dalam daftar pemilih tambahan.

"Pengawasan perlu juga dilakukan saat masa-masa kampanye saat ini. Terlebih jika ada pertemuan caleg, capres maupun cawapres di luar negeri," ujar Herwyn.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI