RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pergerakan Caleg, Capres-Cawapres Harus Diawasi Ketat Panwas LN

Pergerakan Caleg, Capres-Cawapres Harus Diawasi Ketat Panwas LN

25 Desember 2023 21:25 WIB
Pergerakan Caleg, Capres-Cawapres Harus Diawasi Ketat Panwas LN
Komisioner Bawaslu RI Herwyn JH Malonda. (Foto: Humas Bawaslu RI)

KBRN, Jakarta: Bawaslu RI meminta Panwas LN melakukan pengawasan ketat di masa kampanye Pemilu 2024 ini. Terutama, mengawasi Caleg dan Capres-Cawapres jika melakukan kampanye di luar negeri.

"Pengawasan perlu juga dilakukan saat masa-masa kampanye saat ini. Terlebih jika ada pertemuan Caleg, Capres maupun Cawapres di luar negeri," kata Komisioner Bawaslu RI Herwyn JH Malonda dalam keterangan persnya, Senin (25/12/2023).

Dalam melakukan pengawasan tersebut, Herwyn menegaskan, Panwas LN perlu jeli mengawasi kedatangannya. Pastikan, kapasitas mereka hadir sebagai pejabat negara atau kampanye.

"Pantau gerak Caleg, Capres dan Cawapres jika ada potensi untuk pemakaian fasilitas negara. Bedakan, kehadiran mereka sebagai pejabat negara atau peserta pemilu dan aktivitas yang dilakukan seperti apa," ucap Herwyn.

Kemudian, Herwyn juga buka suara, perihal politik uang yang mungkin terjadi saat pertemuan kampanye di luar negeri. Panwas LN dimintanya, memetakan kerawanan di wilayah hukum Pemilu sambil berkordinasi dengan Kemenlu.

"Mudah-mudahan semua berjalan dengan baik, nantinya ada video tutorial untuk prosedur penanganan. Perbanyak komunikasi antara Gakkumdu pusat Gakkumdu luar negeri, pertemuan di Jakarta," ujar Herwyn.​

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Beri
Sumber: RRI