RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ziarah Makam, Anies Ingin Teruskan Perjuangan Para Ulama

Ziarah Makam, Anies Ingin Teruskan Perjuangan Para Ulama

26 Desember 2023 06:15 WIB
Ziarah Makam, Anies Ingin Teruskan Perjuangan Para Ulama
Capres dan Cawapres Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar saat safari politik ke Ponpes Darussalam Blokagung, Banyuwangi, Jawa Timur. Kamis, 28 September 2023. (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: Capres Nomor Urut 1 Anies Baswedan melakukan ziarah ke makam KH Bisri Mustofa (Gus Mus). Anies mengaku, mengagumi almarhum Bisri Mustofa selaku kiai karismatik asal Rembang, Jawa Tengah.

Jika terpilih menjadi Presiden Ke-8, Anies mengatakan, siap meneruskan perjuangan pendiri Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin itu. Terlebih, Bisri Mustofa merupakan teladan bagi banyak masyarakat.

"Berharap bisa meneruskan yang mereka perjuangkan, dan dengan kami berziarah ini harapannya juga mengingatkan. Bahwa apa yang mereka perjuangkan itu masih relevan dengan sekarang,” kata Anies sesuai melakukan ziarah di makam KH Bisri Mustofa, di Rembang, Jawa Tengah, Senin (25/12/2023).

Dalam kunjungannya itu, Anies juga melakukan ziarah ke makam KH Cholil Harun dan KH Cholil Bisri. Berkat jasa ulama Rembang ini, pendidikan pondok pesantren di wilayah tersebut dapat berkembang secara masif serta luas.

“Rembang ini adalah tempat di mana proses pendidikan pondok-pondok pesantren yang berkembang begitu luas. Itu atas jasa mereka,” ucap Anies.

Dalam kegiatan itu, Anies juga menginfokan pada akun Instagram pribadinya. Selain berziarah ke makam ulama Rembang, ia bertemu dengan relawan Anies-Muhaimin (AMIN) di Posko Relawan AMIN Lasem. 

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: witokaryono
Sumber: RRI