TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kunjungi Pasar Flamboyan Pontianak, Anies Sampaikan Program Bantuan Pedagang Pasar

Kunjungi Pasar Flamboyan Pontianak, Anies Sampaikan Program Bantuan Pedagang Pasar

26 Desember 2023 16:07 WIB
Kunjungi Pasar Flamboyan Pontianak, Anies Sampaikan Program Bantuan Pedagang Pasar
ANTARA/Rendra Oxtora

TVRINews, Pontianak

Calon Presiden dengan nomor urut 1, Anies Baswedan mengunjungi Pasar Flamboyan, Pontianak, Kalimantan Barat, bertemu dengan para pedagang.

Dalam kesempatan itu, Anies mengatakan bahwa dirinya memiliki program untuk memberikan bantuan dan dukungan kepada pedagang pasar.

"Kami ada program untuk pasar, jadi program ini adalah memberikan bantuan, dukungan kepada pedagang pasar," kata Anies dalam keterangan yang diterima oleh tvrinews.com, Pontianak, Kalimantan Barat, Selasa, 26 Desember 2023.

Lebih lanjut, Anies menjelaskan program yang pertama adalah pembentukan koperasi. Bantuan permodalan kepada pedagang pasar melalui koperasi.

"Kami nanti berharap mereka membentuk koperasi, lalu diberikan bantuan permodalan. Karena salah satu yg dikeluhkan adalah kekurangan modal. Adanya koperasi mereka akan mendapatkan bantuan permodalan," ujarnya.

Kemudian, Anies menyebutkan bahwa akan ada subsidi untuk lapak pedagang, dengan tujuan mengurangi beban ekonomi mereka.

"Kedua, kita akan berikan subsidi untuk lapak. Supaya beban mereka menjadi berkurang," ucapnya.

Selanjutnya, dalam program ketiga mencakup pelatihan untuk meningkatkan keterampilan pedagang dan kualitas lapak mereka.

"Lalu yang ketiga pelatihan, supaya lapak menjadi lebih baik. Kita memang ada program peningkatan kualitas pasar, supaya pasar tradisional itu sehat, bersih, nyaman," jelasnya.

Selain itu, Anies juga menyampaikan terkait bansos plus. Program bansos plus ini terdiri dari peningkatan nilai bansos, penyaluran yang tepat sasaran, dan pengembangan keterampilan baru bagi penerima bansos.

"Jadi bansos plus itu menyangkut beberapa aspek. Satu, nilainya ada pertambahan. Kedua, penerimanya pun kita akan pastikan, jangan ada lagi rakyat miskin yang terlewat,  jangan sampai ada orang yang mampu yang malah nerima. Kemudian yang ketiga adalah dukungan kegiatan supaya mereka yg menerima bansos ini punya keterampilan baru," tuturnya.

Pewarta: Krisafika Taraisya Subagio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI