RRI

  • Beranda
  • Berita
  • AMIN Mendorong Perubahan Kemajuan Ekonomi dengan Lima Program

AMIN Mendorong Perubahan Kemajuan Ekonomi dengan Lima Program

26 Desember 2023 23:40 WIB
AMIN Mendorong Perubahan Kemajuan Ekonomi dengan Lima Program
Anggota Dewan Pakar tim capres cawapres Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar, Bratanata Perdana. Foto: Istimewa

KBRN, Jakarta: Anggota Dewan Pakar tim capres cawapres Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar, Bratanata Perdana mengatakan, program yang ditawarkan oleh AMIN bertumpu pada program ekonomi. Menurutnya Perubahan adalah suatu keharusan jika kita ingin memajukan ekonomi. 

Ia pun menanggapi debat Cawapres pada 22 Desember 2023 lalu, dimana program ekonomi yang dijabarkan oleh Cak Imin sangat menginspirasi. Brata mengatakan, program tersebut mampu memberikan solusi terhadap masalah ekonomi yang dihadapi oleh masyarakat saat ini. 

"Jika diimplementasikan dengan efektif, kami yakin bahwa ekonomi Indonesia akan menuju keadilan dan kemakmuran untuk semua," kata Brata lewat keterangannya, Selasa (26/12/2023). 

Brata mengatakan, program pertama yang ditawarkan mengembangkan investasi padat karya. Hal itu dilakukan dengan memberikan perhatian pada investasi padat karya, bukan hanya investasi padat modal, merupakan bentuk prioritas yang penting. 

Menurut Brata, investasi padat karya memiliki potensi untuk dapat mengangkat masyarakat lebih cepat. "Pasalnya, mampu menyerap tenaga kerja yang memiliki ketrampilan, meskipun tidak sepopuler investasi padat modal berbasis teknologi tinggi," ucapnya. 

Yang kedua pendekatan sistematis menuju kemajuan. Cak Imin dalam paparan debat cawapres lalu, tidak hanya mengejar investasi sektoral atau proyek spesifik, tetapi juga berfokus pada perbaikan sistem yang komprehensif. 

Ini termasuk penekanan pada kepastian hukum, meningkatkan kredibilitas pemerintah, meningkatkan kapasitas teknologi, dan menyederhanakan izin usaha. Brata meyakini, jika dilakukan investasi alami memiliki nilai agregat lebih besar daripada hanya fokus pada satu atau dua industri.

Kemudian ketiga mengurangi ketimpangan melalui peningkatan kemakmuran. Menurut Brata, Cak Imin akan mengatasi ketimpangan ekonomi di negara kita, dimana kekayaan 100 orang terkaya melebihi kekayaan 100 juta warga lainnya. 

Keempat, setelah melaksanakan semua program di atas, AMIN berharap kesejahteraan rakyat akan meningkat, dan jumlah warga miskin dapat dikurangi. Namun, kita harus mengakui bahwa mengangkat seluruh penduduk dari kemiskinan dalam waktu singkat adalah tantangan besar. 

"Oleh karena itu, bantuan sosial (bansos) tetap relevan. Program Bansos PLUS yang ditawarkan oleh AMIN menarik karena tidak hanya menjamin keberlanjutan bantuan sosial, tetapi juga berupaya meningkatkan efektivitas program tersebut," kata Brata. 

Kelima menuju kesejahteraan yang adil dan makmur. Program peningkatan aktivitas ekonomi dan bantuan sosial yang diadvokasi oleh AMIN bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. 

"Program Rakyat Anti Miskin menjadi platform yang menyatukan semua program ini. Dengan dukungan dan mandat dari rakyat, AMIN berkomitmen untuk menghasilkan kebijakan terbaik bagi Indonesia," ujarnya. 

Pewarta: Ryan Suryadi
Editor: Bara
Sumber: RRI