RRI

KPU Se-Provinsi Banten Gelar Simulasi Pemilu

27 Desember 2023 02:30 WIB
KPU Se-Provinsi Banten Gelar Simulasi Pemilu
Komisi Pemilihan Umum (KPU) se-Provinsi Banten, Selasa (26/4/2023) menggelar simulasi pencoblosan dan penghitangan suara untuk Pemilu 2024 mendatang. (Foto: RRI/Saadatuddaraen)

KBRN, Serang: Komisi Pemiliham Umum (KPU) se-Provinsi Banten menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilu 2024. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan pesta demokrasi yang berkualitas.

Ketua KPU Provinsi Banten Mohamad Ihsan mengatakan, simulasi dilakukan agar semua pihak paham tata cara pemungutan dan penghitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS). Sehingga baik penyelenggara, peserta, maupun pemilih memahami tata cara pemungutan dan penghitungan suara secara baik. 

"Semoga dengan adanya simulasi ini dapat menciptakan penyelenggaraan Pemilu 2024 yang semakin berkualitas. Serta pengetahuan tentang tata cara pemungutan dan penghitungan suara dapat meningkat," ujarnya, Selasa (26/12/2023).

Menurut Ihsan, pemilih harus mengetahui tata cara mengekspresikan pilihnya dengan mencoblos pilihan politiknya. Selain itu, peserta Pemilu juga mengetahui hal dan kewajibannya dalam proses pemungutan dan penghitungan suara dengan baik.

"Peserta Pemilu melalui saksi mengetahui hak dan kewajibannya. Tentunya dalam proses pemungutan maupun penghitungan suara di TPS," ucapnya.

Ihsan menjelaskan, simulasi pemilu dilakukan oleh KPU kabupaten/kota di Provinsi Banten dengan melibatkan Badan Ad Hoc di bawahnya. Selain itu juga melibatkan masyarakat pemilih.

Ia menambahkan, selain agar masyarakat dan peserta Pemilu mengetahui tata cara pemungutan dan penghitungan suara di TPS. Simulasi juga bertujuan sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih pada 14 Februari 2024 mendatang.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Heri Firmansyah
Sumber: RRI