RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kesalahan PPLN Taiwan Tidak Cermati Jadwal Metode Pos

Kesalahan PPLN Taiwan Tidak Cermati Jadwal Metode Pos

28 Desember 2023 10:40 WIB
Kesalahan PPLN Taiwan Tidak Cermati Jadwal Metode Pos
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari. (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: KPU RI menilai, kesalahan PPLN Taiwan soal pengiriman surat suara Pemilu 2024 metode pos karena tidak cermat. Lebih tepatnya, PPLN Taiwan tidak cermat pada jadwal metode pos yang sudah ditetapkan PKPU.

"Paling utama karena tidak memperhatikan jadwal yang sudah ditentukan dalam PKPU. Namun, PPLN Taiwan juga ada alasan, argementasi konteks lokal yang kemudian berinisiatif mengirimkan surat suara pos lebih awal," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari dalam keterangan persnnya, Kamis (28/12/2023).

Alasan PPLN Taiwan tersebut, Hasyim mengaku, dalam rangka melayani pemilih karena situasi Tahun Baru China 2024. Berdasarkan hal tersebut, KPU bergerak cepat melakukan tindakan-tindakan berupa memberikan peringatan.

"Kita berikan peringatakan kepada semua PPLN se-dunia, 128 PPLN, termasuk Taiwan. Pertama, agar memperhatikan dan memedomani ketentuan yang ada dalam peraturan perundang-undangan, baik itu UU Pemilu dan PKPU," ucap Hasyim.

Dalam kegiatan pemungutan dan penghitungan suara, Hasyim mengingatkan seluruh PPLN, memegang teguh aturan PKPU 25/2023.

"Kedua, tahap situasi-situasi lokal yang dihadapi PPLN, kita minta melapor dulu ke KPU pusat. Supaya KPU pusat tau situasi yang dihadapi teman-teman PPLN tersebut," ujar Hasyim.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Mosita
Sumber: RRI