RRI

KPU Kota Bekasi Pastikan TPS Ramah Disabilitas

28 Desember 2023 21:10 WIB
KPU Kota Bekasi Pastikan TPS Ramah Disabilitas
Petugas membantu seorang penyandang disabilitas memasukkan surat suara ke dalam kotak suara saat simulasi pemungutan suara Pemilu 2024 di TPS 09, Tegalrejo, Sumbermanjingwetan, Malang, Jawa Timur, Rabu (27/12/2023) (Foto: ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/tom)

KBRN, Kota Bekasi: Sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Bekasi akan didesain ramah penyandang disabilitas. Hal ini guna memberikan kenyamanan bagi penyandang disabilitas saat memilih. 

Anggota KPU Kota Bekasi, Afif Fauzi mengatakan, nantinya TPS di Kota Bekasi akan didesain senyaman mungkin untuk penyandang disabilitas. Termasuk melengkapi TPS dengan fasilitas penunjang disabilitas.

Fasilitas penunjang tersebut, meliputi pijakan untuk pengguna kursi roda. Penyediaan rambu-rambu atau petunjuk yang memudahkan penyandang disablitas selama di TPS.

"TPS yang ada akan didesain agar penyandang disabilitas bisa nyaman. Jadi nanti semua fasilitas penunjangnya akan kita lengkapi," kata dia, Kamis (28/12/2023).

Selain itu, logistik pemilih seperti surat suara khusus nantinya disediakan untuk penyandang disabilitas netra. Mereka akan mendapatkan surat suara dalam bentuk braille.

KPU Kota Bekasi melalui petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) tengah melakukan pemetaan. Sehingga diketahui TPS mana yang perlu dilengkapi fasilitas disabilitas. 

"KPPS akan mendata, TPS mana yang ada penyandang disabilitas. Nanti akan kita sesuaikan kebutuhan di TPS tersebut apa saja," ujarnya.

Pewarta: Leny Kurniawati
Editor: Cecep
Sumber: RRI