TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Evaluasi Pelaksanaan Debat Capres-Cawapres, KPU: Debat Selanjutnya Satu Mikrofon di Podium

Evaluasi Pelaksanaan Debat Capres-Cawapres, KPU: Debat Selanjutnya Satu Mikrofon di Podium

29 Desember 2023 13:28 WIB
Evaluasi Pelaksanaan Debat Capres-Cawapres, KPU: Debat Selanjutnya Satu Mikrofon di Podium
Evaluasi Pelaksanaan Debat Capres-Cawapres, KPU: Debat Selanjutnya Satu Mikrofon di Podium

TVRINews, Jakarta

Menyikapi perdebatan terkait dengan jumlah tiga mikrofon yang digunakan pada debat Cawapres sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI merencanakan pada debat selanjutnya masing-masing kandidat menggunakan satu mikrofon dengan penggunaan podium. 

"Nah, pada saat rapat tadi disepakati penggunaan podium tetap dilakukan. Dan dia posisinya memang seperti jangkar," kata Komisioner KPU RI August Mellaz dalam keterangan yang diterima, Jumat, 29 Desember 2023.

"Dan yang kedua, mikrofonnya satu saja. Jadi tetap di podium. Jadi asumsinya kan ruang geraknya di podium itu lah," tambahnya.

August Mellaz juga mengungkapkan bahwa KPU mengusulkan satu unit mikrofon dipasang di podium. Hal ini berbeda dengan debat pertama dan kedua ketika calon yang berdebat menggunakan tiga jenis mikrofon: skintone, clip on, dan mikrofon handheld (digenggam).

Ketika itu, penggunaan tiga jenis mikrofon dimaksudkan sebagai bentuk antisipasi apabila salah satu di antaranya rusak atau mengalami malfungsi ketika debat berjalan dan disiarkan langsung.

Mellaz mengakui perlu membicarakan solusi lebih lanjut seandainya insiden itu terjadi dengan hanya digunakannya 1 mikrofon terpasang di podium.

Sebagai informasi, debat ketiga dengan agenda debat capres ini akan digelar KPU RI pada 7 Januari 2024.

Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo akan adu gagasan soal isu pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Pewarta: Ricardo Julio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI