RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Bawaslu Kota Bekasi Ajak Kerjasama Lembaga Pemantau Pemilu

Bawaslu Kota Bekasi Ajak Kerjasama Lembaga Pemantau Pemilu

30 Desember 2023 09:40 WIB
Bawaslu Kota Bekasi Ajak Kerjasama Lembaga Pemantau Pemilu
Ketua Bawaslu Kota Bekais, Vidya Nurul Fathia saat dijumpai di kantornya. Ia mengaku pihaknya mengajak sejumlah lembaga ikut memantau pelaksanaan pemilu 2024.(Foto: RRI/Leny Kurniawati)

KBRN, Kota Bekasi: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Bekasi menjalin kerjasama dengan sejumlah lembaga pemantau pemilu. Lembaga ini akan bertugas memantau pelaksanaan Pemilu 14 Februari 2024 mendatang.

Ketua Bawaslu Kota Bekasi, Vidya Nurul Fathia mengatakan, kurang lebih ada enam lembaga yang sudah terdata akan melakukan pemantauan. Salah satunya, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Bekasi.

"Sudah ada beberapa lembaga yang bekerjasama dengan kita. Mereka akan berpartisipasi mengawasi jalannya pemilu terutama di hari pencoblosan," kata dia.

Menurut Vidya, kehadiran lembaga pemantau merupakan bentuk partisipasi masyarakat dalam pemilu. Ia berharap hadirnya para pemantau memperkuat peran pengawasan yang dimiliki Bawaslu.

"Tentu kehadiran para pemantau akan memperkuat dan membantu peran pengawasan Bawaslu Kota Bekasi. Dan memang harapan kami masyarakat bisa berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemilu," kata dia. 

Selain keterlibatan lembaga pemantau, Bawaslu Kota Bekasi juga melakukan rekrutmen pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS.) Pengawas TPS ini nantinya bertugas di seluruh TPS di Kota Bekasi.

"Nanti setiap TPS akan dikawal oleh satu orang pengawas. Saat ini kami tengah proses rekrutmen para pengawas TPS," kata dia.

Pada hari pencoblosan nanti, seluruh perangkat Bawaslu juga siaga menjalankan tugas pengawasan. Sehingga Pemilu 2024 bebas dari kecurangan.

"Kami ada pengawas di kecamtan dan juga kelurahan. Mereka semua akan bekerja sesuai tugas mengawal pemilu agar terhindar dari kecurangan," ujarnya mengakhiri.


Pewarta: Leny Kurniawati
Editor: witokaryono
Sumber: RRI