TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Antisipasi Pemilihan Ulang, KPU Jatim Siapkan 2000 Lembar Kertas Suara

Antisipasi Pemilihan Ulang, KPU Jatim Siapkan 2000 Lembar Kertas Suara

30 Desember 2023 16:42 WIB
Antisipasi Pemilihan Ulang, KPU Jatim Siapkan 2000 Lembar Kertas Suara

TVRINews, Surabaya

Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur menyiapkan 2000 lembar kertas suara cadangan jika Pemilu serentak Capres dan Cawapres terjadi pemilu ulang. KPU Jawa Timur telah melakukan antisipasi . 

Petugas pelipat suara siang malam bekerja ekstra melipat kertas suara di gudang logistik KPUD Surabaya. Pihak KPU akan memastikan logistik pemilu selesai sesuai target.

"Kertas suara cadangan ini akan digunakan pada saat nanti terjadi pemilu ulang kita sudah siap untuk itu. Jumlah yang tidak sedikit kertas suara untuk itu kami dari KPU Jatim akan mengawal untuk menghindari hal yang tidak diinginkan," ungkap Chairul Anam, Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Sabtu, 30 Desember 2023.

Kertas suara ini nantinya akan didistribusikan ke setiap TPS di Kota Surabaya. Sedangkan untuk setiap TPS juga akan mendapatkan tambahan surat suara cadangan sebesar dua persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap yang ada di TPS bersangkutan. 

Surat suara cadangan dua persen ini digunakan saat terdapat kertas suara yang rusak sebelum digunakan oleh pemilih atau tambahan pemilih dari TPS lain karena pindah mencoblos dan lainnya  sesuai ketentuan. 

KPU Jawa Timur memastikan bahwa logistik pemilu telah siap. Pihak KPU berharap warga masyarakat turut berpartisipasi menggunakan hak suaranya dengan baik. Mensukseskan pesta demokrasi lima tahunan.

Pewarta: Masrul Fajrin
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI