TVRI

Ini Kriteria Pimpinan KPK Pengganti Firli

30 Desember 2023 16:48 WIB
Ini Kriteria Pimpinan KPK Pengganti Firli
Ini Kriteria Pimpinan KPK Pengganti Firli

TVRINews, Jakarta

Mantan Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo Harahap menyatakan pimpinan KPK yang menggantikan Firli Bahuri mempunyai empat kriteria.

Keempat kriteria yang dimaksud, yaitu pertama tidak mempunyai rekam jejak yang kontroversial, kedua mampu bekerjasama dengan pimpinan KPK lainnya, ketiga yang tidak kalah penting tidak mau diintervensi oleh siapapun dan dengan cara apapun, dan keempat dia juga wajib mematuhi kode etik yang ada di KPK termasuk tidak bertemu dengan pihak pihak yang terkait perkara.

"Satu orang pimpinan yang baru ini mempunyai tugas mengembalikan kepercayaan KPK dan yang tidak kalah penting tidak menjadi bagian dari masalah ketika berada di KPK," kata Yudi kepada wartawan, Sabtu, 30 Desember 2023.

Yudi menambahkan bahwa ada empat nama tersisa dari calon pimpinan KPK yang tak terpilih pada 2019, yaitu Sigit Danang Joyo (dulu meraih 19 suara), Luthfi Jayadi Kurniawan (dulu meraih 7 suara), I Nyoman Wara: 0 suara, dan Roby Arya Brata: 0 suara. Mereka dinilai mempunyai peluang yang sama menjadi pimpinan KPK.  

Yudi tidak mengunggulkan salah satu dari 4 orang itu, yang penting bagi Yudi mau kerja dan ngga bermasalah selama di KPK selama meneruskan periode ini yang akan berakhir 20 desember 2024. 

Ia menambahkan berdasar mekanisme Presiden akan mengusulkan nama dan DPR yang akan memilih. Jika berkaca dari pemilihan pengganti Lily Pintauli Siregar bahwa presiden akan memilih dua nama kemudian DPR memilih salah satunya menjadi pimpinan KPK definitif yudi mengira tidak akan ada perubahan.  Bagi Yudi siapapun yang terpilih dia tentu tahu akan memimpin KPK ditengah kontroversi dan kepercayaan publik yang menurun.

"Setelah pengganti Firli Bahuri terpilih maka selanjutnya adalah apakah ketua KPK dibiarkan sementara saja atau ada definitif. Karena pengganti Firli bukan otomatis sebagai ketua tetapi pimpinan anggota," ujar Yudi.

Pasalnya, pemilihan Ketua  KPK Definitif dirasa penting agar roda organisasi KPK pulih, yudi mengusulkan bahwa Nawawi Pomolango Ketua KPK sementara saat ini, pantas menjadi ketua Definitif dari sisi kemampuan, senioritas dan rekam jejaknya yang  tidak bermasalah atau kontroversial.

Pewarta: Redaksi TVRINews
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI