TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Kunjungi Madiun, Cak Imin Soroti Permasalahan Pertanian

Kunjungi Madiun, Cak Imin Soroti Permasalahan Pertanian

30 Desember 2023 18:08 WIB
Kunjungi Madiun, Cak Imin Soroti Permasalahan Pertanian
Kunjungi Madiun, Cak Imin Soroti Permasalahan Pertanian

TVRINews, Madiun

Calon Wakil Presiden dengan nomor urut 1, Muhaimin Iskandar atau cak Imin mengunjungi desa Sumerejo, Geger, Madiun, Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu, cak Imin menyoroti isu  terkait pertanian yang telah menjadi permasalahan puluhan tahun di wilayah tersebut seperti ketersediaan pupuk, harga hasil panen yang murah, irigasi, dan kebutuhan solar.

"Jadi kita semua menyaksikan bahwa persoalan petani sudah puluhan tahun dibiarkan dan diabaikan. Pupuk, solar, harga yang murah dari hasil panen, irigasi, semua selalu terulang-ulang puluhan tahun dan pemerintah membiarkan seolah tidak terjadi masalah apa apa," kata cak Imin dalam keterangan yang diterima oleh tvrinews.com, Madiun, Jawa Timur, Sabtu, 30 Desember 2023.

Kemudian, Cak Imin mengungkapkan bahwa petani di daerah tersebut terpaksa menggunakan solar untuk mengoperasikan pompa air sumur bor. Namun, ketersediaan solar yang terbatas mengakibatkan perubahan masa tanam itu merugikan petani.

"Solar tidak tersedia buat petani, karena di otak penyelenggara negara, solar hanya dibutuhkan untuk nelayan, ini kan fatal. Saatnya kita berubah, petani juga butuh solar," tuturnya.

Pewarta: Krisafika Taraisya Subagio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI