RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Gibran Rakabuming Serap Aspirasi Petani di Labuan Bajo

Gibran Rakabuming Serap Aspirasi Petani di Labuan Bajo

31 Desember 2023 09:03 WIB
Gibran Rakabuming Serap Aspirasi Petani di Labuan Bajo
Cawares nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka yang juga pendamping Prabowo Subianto pada Pilpres 2024. Hari Sabtu (30/12/2023), ia menyerap aspirasi para petani di Labuan Bajo. (Foto:RRI/Saadatuddaraen)

KBRN, Jakarta : Calon wakil presiden nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka menyerap aspirasi para petani di Labuan Bajo. Hal itu dimanfaatkan pasangan Prabowo Subianto saat mengunjungi lokasi tersebut, Sabtu (30/12/2023).

Benyamin Ewa, mewakili Komunitas Petani Hortikultura Boleng, Labuan Bajo mengatakan, pentingnya perhatian pada infrastruktur jalan di wilayahnya. Kondisi jalan yang rusak, sangat menghambat petani saat membawa hasil pertanian seperti sayur dan buah ke Labuan Bajo.

"Ini sangat penting, karena menyangkut akses dari desa ke Labuan Bajo. Saat para petani ingin menjual sayur, tomat, atau buah-buahan, tetapi karena kondisi jalan rusak, banyak sayur-sayuran maupun buah-buahan yang rusak saat tiba di Labuan Bajo," kata Benyamin.

Dia juga mengaku, Komunitas Petani Hortikultura Boleng telah berupaya selama tiga tahun terakhir untuk memanfaatkan peluang dari berkembangnya pariwisata di Labuan Bajo. Namun terkendala modal, obat dan pupuk.

“Kami melihat ini sebagai peluang dan kemudian menggerakkan petani untuk merebut peluang ini. Memang diawal-awal kami sempat terkendala modal, obat dan pupuk, namun pada akhirnya itu bisa diatasi,” ujarnya.

Cawapres Kolaisi Indonesia Maju, Gibran Rakabuming Raka menanggapi aspirasi ini dengan serius. Ia berkomitmen untuk mencari solusi atas permasalahan yang disampaikan.

Gibran juga menekankan pentingnya restoran di Labuan Bajo untuk menggunakan pangan lokal, mendukung petani lokal dan memperkuat hubungan antara sektor pariwisata dan pertanian. "Ini penting untuk mendukung petani kita menikmati kemajuan pariwisata,” ucap Gibran.

Diketahui, Gibran mengunjungi Labuan Bajo bersama istrinya Selvi Ananda dan Grace Natalie.  Acara 'Gibran Mendengar' di Escape Bajo menjadi ajang pertemuan berbagai sektor masyarakat, termasuk para petani hortikultura dari Boleng.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: witokaryono
Sumber: RRI