RRI

  • Beranda
  • Berita
  • TPN Ganjar-Mahfud Laporkan Sejumlah Relawan Alami Tindak Kekerasan

TPN Ganjar-Mahfud Laporkan Sejumlah Relawan Alami Tindak Kekerasan

31 Desember 2023 07:04 WIB
TPN Ganjar-Mahfud Laporkan Sejumlah Relawan Alami Tindak Kekerasan
Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis membeberkan kepada awak media bila relawan Ganjar-Mahfud dalatkan tindak kekerasan. (Foto:RRI/Saadatuddaraen)

KBRN, Jakarta: Tim Pemenangan Nasional (TPN) pasangan nomor urut 03, Ganjar-Mahfud melaporkan adanya tindak kekerasan yang dialami oleh sejumlah relawan di beberapa daerah. Hal itu diungkapkan Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis.

"Ada satu orang relawannya tewas diduga dianiaya oleh pendukung paslon lain. Sementara empat lainnya mengalami luka berat," ungkap Todung Mulya Lubis, Sabtu (30/12/2023) malam.

Todung mengaku, mendapatkan laporan atas tindak kekerasan itu dari Klaten dan Boyolali. "Sangat tidak bisa diterima. Satu meninggal dunia dan empat orang mengalami luka-luka berat," ucapnya.

Menurut dia, satu orang meninggal dunia berasal dari Klaten dan meninggal di rumah sakit. "Yang meninggal dunia ini adalah relawan pendukung Ganjar-Mahfud yang diduga mengalami kekerasan dan brutalitas oleh oknum paslon lain," ujar Todung.

Sementara empat korban yang mengalami luka-luka ini akibat diduga dianiaya oleh oknum TNI di Boyolali, sehingga pihaknya mendesak Panglima TNI untuk segera mengambil tindakan.

"Kalau itu benar kami ingin minta ke Panglima TNI untuk mengambil tindakan tegas dan mempertanggungjawabkan secara hukum. Tentunya kepada mereka yang melakukan tindakan kekerasan ini," kata Todung.

Menurutnya, hal tersebut tidak dapat dibenarkan, karena rakyat menginginkan Pemilu yang damai, tertib dan sesuai aturan. Dengan demikian, semua tindakan kekerasan yang dilakukan itu jelas melanggar hukum.

"Itu tidak bisa kita terima dan kita akan memproses ini secara hukum sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Brutalitas ini membahayakan, kekerasan ini membahayakan pemilu kita karena ini menimbulkan iklim ketakutan dan kita tidak boleh membiarkan ini," ucapnya.

Oleh karena itu, dia meminta agar semua kontestan di Pilpres 2024 dapat menghormati hukum dan aturan yang berlaku. Selain itu, Todung menegaskan pihaknya meminta investigasi lebih lanjut dari Kepolisian dan TNI.

"Kami ingin minta investigasi kepada Kepolisian dan TNI, karena kami sangat prihatin dan sangat sedih dan tidak bisa membayangkan. Apakah kita akan punya pemilu dan pilpres yang damai kalau keadaan semacam ini terus berlanjut apalagi bereskalasi? Jadi ini tidak bisa dibiarkan," ujar Todung.

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Allan
Sumber: RRI