ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Timnas: kampanye kreatif upaya perkenalkan AMIN kepada pemilih pemula

Timnas: kampanye kreatif upaya perkenalkan AMIN kepada pemilih pemula

31 Desember 2023 20:32 WIB
Timnas: kampanye kreatif upaya perkenalkan AMIN kepada pemilih pemula
Calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1, Anies Baswedan (tengah) dan Muhaimin Iskandar (kanan) bergurau sebelum menyampaikan pidato politiknya dalam acara diskusi dan kalibrasi bersama pemuda di GOR Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah, Minggu (24/12/2023). (ANTARA FOTO/Makna Zaezar/YU)
Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) menyatakan bahwa kampanye kreatif seperti program "Desak Anies dan Slepet Imin" menjadi alat untuk mengenalkan pasangan nomor urut 1 kepada para pemilih pemula.

"Untuk menggaet pemilih pemula, kami mengagendakan kampanye kreatif, termasuk menyasar sosial media," kata Juru Bicara (Jubir) Timnas AMIN, Billy David Nerotumilena saat dihubungi melalui telepon di Jakarta, Minggu.

Billy mengatakan bahwa pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) dari awal menyusun visi misi, juga memasukkan pemikiran anak muda dan masa depan mereka ke dalam program kerjanya.

Menurut dia, pemilih pemula ini merupakan anak-anak yang akrab dengan media sosial sehingga Timnas AMIN menyiasati dengan berkampanye kreatif agar pesan atau gagasan yang dibawa oleh pasangan AMIN dapat mengena kepada mereka.

Ia menjelaskan salah satu kampanye kreatif yaitu dengan menggelar program Desak Anies, di mana para pemuda dari berbagai latar belakang dapat bertanya dan mengetahui apa yang akan dilakukan pasangan AMIN ketika terpilih nanti.

"Kalau kampanye kreatif untuk menggaet mereka adalah aktifitas yang sudah kami lakukan. Seperti Desak Anies banyak yang datang pemilih pemula yang belum pernah memberikan hak suaranya," tuturnya.

Selain itu kata Billy, ada juga program Slepet Imin yang formatnya sama, namun yang memberikan jawaban yaitu Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Billy menambahkan bahwa saat ini Anies juga mulai menyasar media sosial Tiktok, namun berbeda dengan program Desak Anies yang isinya terkait politik pada Pilpres 2024, kali ini Anies melakukan siaran langsung dengan berinteraksi terkait permasalahan keluarga dan lainnya.

"Pak Anies sekarang mulai aktif di Tiktok ini upaya menyasar pemuda. Dan animo para nitizen besar ketika Pak Anies live dengan konten yang dibawa ringan tidak seperti Desak Anies," katanya.

Billy mengatakan selain berkampanye kreatif, pasangan AMIN juga memiliki program yang dikhususkan bagi para pemilih pemula yaitu dengan menyiapkan beasiswa kuliah seperti halnya ketika bekerja di Jakarta.

Sebelumnya, KPU RI pada Senin, (13/11), telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil Pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, (14/11), pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Timnas AMIN soal penganiayaan sukarelawan paslon lain: Usut tuntas

Baca juga: Gibran serap aspirasi para pelaku industri kreatif di Labuan Bajo

Baca juga: PDIP kecam kekerasan yang dilakukan oknum TNI pada relawan Ganjar

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Alviansyah Pasaribu
Sumber: ANTARA