RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Dibanding India-Amerika, Pemilu Indonesia Jauh Lebih Rumit

Dibanding India-Amerika, Pemilu Indonesia Jauh Lebih Rumit

1 Januari 2024 11:27 WIB
Dibanding India-Amerika, Pemilu Indonesia Jauh Lebih Rumit
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari. (Foto: RRI/Dedi Hidayat)

KBRN, Jakarta: Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengaku, penyelenggaraan pesta demokrasi lima tahunan Indonesia merupakan pemilu paling rumit di dunia. Kerumitan pemilu di Amerika Serikat dan India, masih jauh lebih rumit di Tanah Air.

"Pemilu di Indonesia sering dinilai the most complicated election in the world. Walaupun ada India dengan jumlah pemilih yang lebih besar dan Amerika Serikat yang punya pemilu lebih besar," kata Hasyim dalam keterangan persnya, Minggu (31/12/2023).

Soal waktu pemungutan suara, Hasyim mengatakan, Indonesia miliki durasi paling singkat di dunia. Karena, proses pemungutan suara hanya dilakukan enam jam, pukul 07.00-13.00 waktu setempat.

"Dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 di luar negeri, KPU sudah mengarahkan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN). Sekaligus kantor perwakilan KPU setempat untuk mengundang duta besar dari negara-negara sahabat guna menyaksikan proses pemungutan suara," ucap Hasyim.

Kemudian, Hasyim membeberkan, perwakilan negara-negara sahabat Indonesia harus menyaksikan langsung proses pemungutan suara di TPS. Dalam program kunjungan pemilu (election visit).

"Ini penting untuk kami lakukan. Dalam rangka menunjukkan bahwa Indonesia ini adalah salah satu negara demokrasi terbesar di dunia," ujar Hasyim.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI