RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Debat Kelima Capres-Cawapres Jadi Sorotan Pemerhati Anak

Debat Kelima Capres-Cawapres Jadi Sorotan Pemerhati Anak

2 Januari 2024 11:37 WIB
Debat Kelima Capres-Cawapres Jadi Sorotan Pemerhati Anak
Pemkot Semarang, Jawa Tengah, saat mengecek kondisi anak selama masa pandemi Covid-19. Debat kelima capres-cawapres 2024, menjadi sorotan Pemerhati Masalah Anak, Perempuan, Pemuda, dan Keluarga, Femmy Eka Kartika Putri. (Foto: Pemkot Semarang)

KBRN, Jakarta: Debat kelima capres-cawapres 2024, menjadi sorotan Pemerhati Masalah Anak, Perempuan, Pemuda, dan Keluarga, Femmy Eka Kartika Putri. Karena, isu yang diangkat pada debat terakhir pada 10 Februari 2024 itu, membahas persoalan sosial menyangkut hak anak.

"Debat terakhir bahas soal sosial, bisa dijabarkan baik, tentang perlindungan terhadap anak. Negara punya payung hukum, itu harus dijalankan," kata Femmy saat berbincang dengan PRO3 RRI, Selasa (2/1/2024).

Dalam penuntasan persoalan hak ini, Femmy menegaskan, pemerintah pusat dan daerah memiliki tanggung jawab yang sama. Pemerintah pusat dan daerah harus berjalan seirama, dalam memenuhi hak anak.

"Capres-cawapres bisa dorong perlindungan anak tentang hak-haknya, mulai dari dunia pendidikan. Mulai dari memberikan pendidikan agama, pendidikan karakter, kesehatan, hak sipilnya, itu semua diatur dalam UU (Anak)," ucap Femmy.

Kemudian, Femmy menilai, debat terakhit capres-cawapres merupakan kunci untuk masa depan pembangunan Indonesia. Karena, generasi muda saat ini adalah aset untuk membangun Indonesia Emas 2045.

"Itu jadi debat menarik dalam debat terakhir, generasi kita bisa jadi gernasi emas 2045, kuncinya disitu. Mungkin, saat ini debatnya belum bahas itu, kita masih tunggu, semua masih ada di dokumen capres-cawapses," ujar Femmy.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: witokaryono
Sumber: RRI