RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Pemerhati Tunggu Gagasan Capres-Cawapres Perlindungan HAM Anak

Pemerhati Tunggu Gagasan Capres-Cawapres Perlindungan HAM Anak

2 Januari 2024 12:34 WIB
Pemerhati Tunggu Gagasan Capres-Cawapres Perlindungan HAM Anak
Sejumlah anak bermain bola di jalan yang terendam banjir di Kelurahan Lubuk Buaya, Koto Tangah, Padang, Sumatera Barat, Jumat (4/11/2013) (Foto: Antara/Iggoy el Fitra).

KBRN, Jakarta: Pemerhati masalah anak dan perempuan Femmy Eka Kartika Putri menegaskan, perlindungan hak anak merupakan bagian dari perlindungan HAM. Femmy pun menunggu gagasan capres-cawapres Pilpres 2024 dalam persoalan perlindungan hak anak.

"Kita tunggu 10 Februari 2024 ini (debat kelima capres-cawapres). Siapa yang bisa menjamin perlindungan anak itu," katanya kepada Pro3 RRI, Selasa (2/1/2024).

Femmy merasa sedih melihat anak-anak mengemis di tengah jalan. Padahal, di usiannya yang masih kecil itu, seharusnya anak-anak merasakan dunia bermain dan pendidikan.

"Jangan diajak ngemis, jangan didiamkan, tetangga jangan acuh tak acuh. Masalah perlindungan anak, masalah hak anak itu sama dengan HAM," ucap Femmy.

"Kita orang dewasa harus jamin HAM (untuk anak), mulai dari keluarga, lingkungan dan masyarakat. Walaupun negara punya tanggung jawab besar".

Dalam persoalan hak anak ini, Femmy menekankan, masyarakat tidak perlu menunggu presiden yang baru. Karena, dalam pemenuhan hak anak sudah tertuang di dalam undang-undang.

"Jangan nunggu presiden yang baru. (Pemenuhan hak anak) itu disebutkan dalam undang-undang, itu sudah di atur," ujar Femmy.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI