RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Tepis Isu Diracun, Petugas KPPS Diminta Jaga Kebersihan

Tepis Isu Diracun, Petugas KPPS Diminta Jaga Kebersihan

2 Januari 2024 17:00 WIB
Tepis Isu Diracun, Petugas KPPS Diminta Jaga Kebersihan
Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan pemilih mengikuti simulasi pemungutan dan penghitungan suara dengan desain surat suara dan formulir yang disederhanakan di Kantor KPU Provinsi Sumatera Utara, Medan, Rabu (15/12/2021) (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: Petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) diharapkan menjaga kebersihan. Khususnya selama berlangsungnya pemungutan suara pada Pemilu 2024.

Hal itu sekaligus menepis kabar banyaknya petugas KPPS diracun pada Pemilu 2019 lalu.  "Sempat kan ada isu diracun dan lain sebagainya, supaya isu itu bisa ditepis jadi kalau mau makan cuci tangan sebersih-bersihnya," kata mantan Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), Daeng M Faqih dalam dialog Pro3 RRI, Selasa (2/1/2024).

"Apapun yang dimakan dari sentuhan tangan kita tolong cuci tangan, supaya tidak menimbulkan kecurigaan seperti yang lalu. Jadi tolong kalau makan bersihkanlah tangan itu sebersih-bersihnya pakai sabun."

Diketahui, jumlah kematian petugas KPPS mencapai 894 orang pada Pemilu 2019. Sementara 5.175 orang mengalami sakit.

Bahkan sempat beredar konten unggahan video pembawa acara berita yang mengabarkan kegiatan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Video itu memaparkan penyebab Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 meninggal dunia.  

Konon, dalam narasi video dinyatakan bahwa IDI sepakat memutuskan bahwa penyebab kematian tersebut karena diracun. Bukan karena kelelahan. 

Namun, hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatian menemukan fakta bahwa klaim tersebut menyesatkan. Faktanya IDI menyebut bahwa penyebab utama kematian petugas KPPS pada Pemilu 2019 bukan karena kelelahan, melainkan adanya penyakit bawaan.


Pewarta: Rini Hairani
Editor: Tegar
Sumber: RRI