RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Bawaslu: PKD-Panwascam Ujung Tombak Pengawasan Pemilu 2024

Bawaslu: PKD-Panwascam Ujung Tombak Pengawasan Pemilu 2024

2 Januari 2024 18:50 WIB
Bawaslu: PKD-Panwascam Ujung Tombak Pengawasan Pemilu 2024
Anggota Bawaslu Lolly Suhenty saat memberikan sambutan dalam Sosialisasi Pengawasan Partisipatif (Soswatif) di kantor Bawaslu Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat (29/12/2023). (Foto: Humas Bawaslu RI)

KBRN, Jakarta: Komisioner Bawaslu RI Lolly Suhenty mengingatkan, Bawaslu Kabupaten/Kota, Panwascam, hingga Pengawas Desa/Kelurahan (PKD) untuk bekerja keras. Yakni, bekerja keras dalam mengawasi proses pemungutan dan penghitungan suara di TPS pada Pemilu 2024.

Lolly menegaskan, jajarannya itu merupakan gerbang utama dan ujung tombak pengawasan di setiap wilayah. Terutama PKD dan Panwascam, menjadi pengawas pemilu yang paling dekat dengan masyarakat di tingkat akar rumput.

“Teman-teman di tingkat kecamatan dan desa menjadi ujung tombak pengawasan kita. Untuk itu sekali lagi, tetap semangat menjaga integritas pengawas pemilu dan integritas Pemilu tahun 2024,” kata Lolly dalam keterangan persnya, Selasa (2/1/2024).

Lolly juga mengimbau, jajaran Pengawas Pemilu untuk sungguh-sungguh dalam mengemban amanah Undang-Undang dalam mengawasi Pemilu 2024. Alasannya, kompleksitas tantangan pemilu 2024 terus makin meningkat.

“Jangan mudah menyerah untuk terus mengawas di setiap tahapan, jika ada kendala segera ditindak lanjuti. Jaga terus integritas kita sebagai pengawas pemilu dan tetap semangat,” ucap Lolly.

Tidak lupa, Lolly menyampaikan harapannya, Pemilu 2024 agar dapat berjalan dengan baik. Jajaran pengawas pemilu wajib memahami seluruh mekanisme pengawasan, pencegahan, penanganan pelanggaran, serta penyelesaian sengketa.

"Sesuai dengan tugas dan wewenang Bawaslu yang diamanatkan Undang-Undang. Kami juga memerlukan seluruh masukan dan saran sebagai lembaga penyelenggara pemilu untuk dapat meningkatkan kinerja kami di lapangan," ujar Lolly.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bara
Sumber: RRI