RRI

KPUD Jakut Lipat Surat Suara Pemilu 2024

2 Januari 2024 20:55 WIB
KPUD Jakut Lipat Surat Suara Pemilu 2024
Surat suara yang telah disortir di KPU Jakarta Utara, di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (2/1/2024). (Foto: Ryan Suryadi/RRI)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta Utara mulai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara menjelang Pemilu 2024. Penyortiran langsung dilakukan di gudang KPUD Jakarta Utara di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Komisioner KPUD Jakarta Utara Divisi Teknis Ibnu Afan mengatakan pihaknya saat ini masih menerima surat suara. Khususnya, pemilihan calon legislatif DPRD DKI Jakarta. 

Di Jakarta Utara ada dua gudang yang sudah mulai melakukan proses penyortiran dan pelipatan surat suara. "Kita baru melipat dan sortir, itu baru DPRD, baru berjalan hari ketiga ini," katanya saat ditemui di lokasi, Selasa (2/2/2024).

KPU Jakarta Utara sendiri menyediakan tempat untuk proses penyortiran. Pertama, di gudang Kantor KPUD Jakarta Utara di Tanjung Priok, pelipatan surat suara Caleg daerah pemilihan Jakarta 3 (Tanjung Priok, Pademangan, dan Penjaringan).

"Pertama ada di kawasan Tanjung Priok. Kalau di Gudang Semper itu Dapil Cikoding (Cilincing, Koja, Kelapa Gading)," ucapnya. 

Menurut data yang ada, hingga hari ini sudah lebih dari 250 ribu surat suara yang disortir dan dilipat. Tidak sampai 1 persen di antaranya dinyatakan rusak dan nantinya bakal dimusnahkan.

Ibnu menambahkan, target penyelesaian pelipatan surat suara ini selama 30 hari ke depan. "Kami kan batasannya 30 hari, 30 hari itu insyaAllah kelar semua karena rata-rata pekerjanya juga pengalaman semua," katanya.

Pewarta: Ryan Suryadi
Editor: Beri
Sumber: RRI