ANTARA

  • Beranda
  • Berita
  • Ratusan ribu surat suara di Jaktim telah disortir dan dilipat

Ratusan ribu surat suara di Jaktim telah disortir dan dilipat

2 Januari 2024 21:26 WIB
Ratusan ribu surat suara di Jaktim telah disortir dan dilipat
Petugas menyortir dan melipat surat suara Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Jakarta Timur, kawasan Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Cakung, Jakarta Timur, Selasa (2/2/2024). ANTARA/Syaiful Hakim
Komisi Pemilihan Umum Jakarta Timur (KPU Jaktim) telah menyortir dan melipat 566.500 lembar surat suara Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Jaktim, kawasan Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Cakung, Jakarta Timur.
 
"Penyortiran dan pelipatan surat suara sudah dilakukan sejak Senin (1/1). Hingga saat ini tercatat, sebanyak 566.500 surat suara yang telah disortir dan dilipat," kata Ketua KPU Jaktim Tedi Kurnia di Gelanggang Olahraga (GOR) Pulogadung, Jaktim, Selasa.
 
Surat suara yang disortir dan dilipat itu surat suara untuk calon anggota DPR RI dan DPRD DKI Jakarta untuk daerah pemilihan (dapil) empat (Cakung, Pulogadung, dan Matraman), dapil lima (Duren Sawit, Jatinegara, Kramat Jati) dan dapil enam (Makasar, Cipayung, Ciracas, Pasar Rebo).
 
Menurut Tedi, pihaknya melibatkan 260 personel untuk melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara. Mereka mulai melakukan pekerjaannya sejak pukul 07.00 WIB hingga 22.00 WIB.
 
"Mereka (petugas) sudah berpengalaman untuk melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara pada Pilkada 2017 dan Pemilu 2019, sehingga dapat bekerja dengan cepat," kata dia.

Baca juga: KPU Jakpus terima logistik surat suara presiden dan wakil presiden
 
Pihaknya menargetkan pada 28 Januari 2023 pelaksanaan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk calon DPR RI dapil Jaktim dan DPRD DKI dapil empat, dapil lima dan dapil enam telah selesai.
 
"Kami upayakan, satu bulan sudah selesai. Paling telat 28 Januari selesai," jelas Tedi.
 
Adapun jumlah surat suara yang telah masuk ke gudang logistik KPU Jaktim sebanyak 2.383.972 ditambah dua persen surat suara atau total 2.431.651 surat suara.
 
"Surat suaranya sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 2.383.972 plus dua persen. Penyortiran dan pelipatan surat suara sudah mencapai 20-30 persen," ujarnya.
 
Sementara jumlah surat suara yang akan diterima KPU Jakarta Timur sebanyak 9.535.888 surat suara ditambah dua persen atau total 9.726.605 surat suara.

Baca juga: KPU Jakut gandeng warga untuk ikut dan awasi proses sortir surat suara
 
"Total jumlah DPT (2.383.972) dikalikan empat jenis pemilihan (Capres, DPD, DPR RI, dan DPRD DKI) ditambah dua persen," kata Tedi. 
 
Surat suara yang telah disortir dan dilipat, tambah dia, akan didistribusikan ke 10 kecamatan di Jakarta Timur pada akhir Januari 2024 untuk nantinya dimasukkan ke dalam kotak suara.
 
"Di Kecamatan Pulogadung ini ada 830 TPS, mereka akan menyortir ulang, hitung per ikat yang berisi 25 surat suara. Kemudian, akan dihitung kembali oleh mereka, untuk mengantisipasi adanya kelebihan atau kekurangan surat suara," kata Tedi.
Petugas tengah melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara Pemilu 2024 di gudang logistik KPU Jakarta Timur di kawasan Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), Cakung, Jakarta Timur, Selasa (2/2/2024). KPU Jaktim menargetkan penyortiran dan pelipatan surat suara rampung pada 28 Januari 2024. ANTARA/Syaiful Hakim
 
Untuk pengamanan surat suara, kata dia, pihaknya telah menyiapkan petugas keamanan untuk mengecek atau menggeledah setiap orang keluar masuk ke dalam gudang penyortiran dan pelipatan.
 
"Setiap orang yang keluar dan masuk akan digeledah. Semua handphone petugas penyortiran dan pelipatan surat suara dikumpulkan dalam satu tempat untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," ucapnya.

Baca juga: Distribusi surat suara DPRD DKI Jakarta capai 80 persen
 
Tak hanya itu, pihaknya juga melibatkan petugas kepolisian untuk melakukan penjagaan gudang logistik KPU Jaktim.
 
"Sebanyak 15 personel petugas kepolisian akan berjaga selama 24 jam. Kita jaga dengan ketat. Kita juga siapkan petugas yang melakukan patroli untuk memastikan kondisi gudang logistik aman," kata Tedi.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Edy Sujatmiko
Sumber: ANTARA