RRI

KPU Kota Bekasi Perkuat SDM di Tingkat TPS

3 Januari 2024 04:00 WIB
KPU Kota Bekasi Perkuat SDM di Tingkat TPS
Anggota KPU Kota Bekasi, Afif Fauzi (tengah) berbicara dalam sebuah rapat pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara di Kota Bekasi. (Foto: RRI/Leny Kurniawati)

KBRN, Kota Bekasi: Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bekasi akan melakukan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM). Salah satunya di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Anggota KPU Kota Bekasi, Afif Fauzi mengatakan, penguatan akan dilakukan terhadap anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Mereka akan diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) sebelum bertugas di TPS.

Adapun penguatan tersebut sebagai upaya mencegah praktik kecurangan di TPS. Dan yang paling penting memastikan pemilu berjalan sesuai aturan sehingga bebas dari gugatan.

"SDM di tingkat TPS akan kita perkuat, mereka akan kami berikan Bimtek. Sehingga KPPS bisa memastikan tidak ada kecurangan serta menghindari adanya kesalahan yang bisa menyebabkan gugatan," kata dia, baru-baru ini.

Menurutnya, keberadaan atau posisi KPPS sangat penting. Sehingga ia berharap KPPS bisa menjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sesuai ketentuan.

"Mudah-mudahan para anggota KPPS bisa memahami apa yang jadi tupoksi mereka. Karena mereka adalah ujungnya pemilu, mereka yang berada langsung di TPS," ujarnya mengakhiri.

Pewarta: Leny Kurniawati
Editor: Heri Firmansyah
Sumber: RRI