RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Bawaslu Temukan Gudang Logistik Pemilu Dijaga Satu Orang

Bawaslu Temukan Gudang Logistik Pemilu Dijaga Satu Orang

3 Januari 2024 12:43 WIB
Bawaslu Temukan Gudang Logistik Pemilu Dijaga Satu Orang
Petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS) memeriksa kelengkapan logistik Pemilu sebelum didistribusikan ke kelurahan di gudang logistik KPU Jakarta Pusat, GOR Tanah Abang, Jakarta (Foto: Antara/Galih Pradipta/wsj).

KBRN, Jakarta: Komisioner Bawaslu Herwyn JH Malonda mengungkapkan, lembaganya menemukan minimnya jumlah penjaga keamanan gudang logistik Pemilu 2024. Sebab, beberapa gudang logistik Pemilu hanya ada satu orang penjaga, dan belum dilengkapi CCTV.

"Terkait keamanan, keamanan di gudang logistik itu yang perlu kami sampaikan yang perlu jadi perhatian KPU. Gudang ini jadi ranah langsung, wewenang KPU Kabupaten/Kota," kata Herwyn saat berbincang dengan Pro3 RRI, Rabu (3/1/2024).

Herwyn menekankan, jika pengamanan tidak dilakukan dengan ketat, media penggunaan hak pilih bisa terancam. Oleh sebab itu, KPU perlu melakukan pengadaan CCTV dan menambah jumlah penjaga gudang logistik.

"Jadi selama 24 jam berjalan. Bisa tahu apa yang terjadi di situ," ucapnya.

"Kami temukan juga petugas keamanan di gudang hanya satu orang. Seharusnya ada beberapa orang, misal 2-3 orang, kalau satu orang jaga, enggak bisa kerja 24 jam".​

Ia menambahkan, KPU juga perlu menyediakan alat pemadam api ringan. "Siapkan alat pemadam api ringan, karena potensi kebakaran," ujarnya. 

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI