RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Perludem Khawatirkan Hujan Ganggu Distribusi Logistik Pemilu

Perludem Khawatirkan Hujan Ganggu Distribusi Logistik Pemilu

3 Januari 2024 16:01 WIB
Perludem Khawatirkan Hujan Ganggu Distribusi Logistik Pemilu
Petugas merakit kotak suara di Gudang Logistik KPU Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (26/2/2019) (Foto: Antara/Raisan Al Farisi/aww).

KBRN, Jakarta: Perludem mengkhawatirkan, faktor eksternal seperti cuaca hujan, mengganggu proses pendistribusian logistik Pemilu 2024 dalam negeri. Perludem mengingatkan, masalah logistik Pemilu 2024 tidak hanya harus sampai tepat waktu.

"Pekerjanya baik dengan aturan dan bekerja secara transparan, logistik ini bukan sekedar distribusi logistik tepat waktu sampainya. Tapi harus pertimbangkan hal-hal eksternal," kata Direktur Eksekutif Perludem Khoirunnisa Nur Agustyati (Ninis) kepada Pro3 RRI, Rabu (3/1/2024).

Ninis mengungkapkan, bulan Januari 2024 ini curah hujan selalu dalam intensitas sedang dan tinggi. Dikhawatirkan, hujan tersebut mengganggu keamanan surat suara Pemilu.

"Sekarang lagi musim hujan, mungkin juga akan berpengaruh seperti apa terkait dengan hal-hal ini. Berkaitan surat suara yang belum sampai pada saat hari ini," ucapnya.

Ia menambahkan, hujan juga dapat membuat distribusi logistik Pemilu telat. Dikhawatikan, telatnya logistik Pemilu menjadikan pendirian TPS juga telat, sehingga mengganggu proses pemilihan 14 Februari 2024.

"Ini kan persoalan yang ada saja. TPS belum (didirikan), sampai tertukar (logistik Pemilu, sehingga Pemilu di wilayah tersebut ditunda," ujarnya.​

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Bunaiya
Sumber: RRI