RRI

  • Beranda
  • Berita
  • (BERITA MONITORING) Bawaslu Khawatir Kebakaran Gudang Logistik Berdempetan Bangunan Triplek

(BERITA MONITORING) Bawaslu Khawatir Kebakaran Gudang Logistik Berdempetan Bangunan Triplek

3 Januari 2024 13:55 WIB
(BERITA MONITORING) Bawaslu Khawatir Kebakaran Gudang Logistik Berdempetan Bangunan Triplek
Pekerja membongkar isi kotak suara Pemilu 2019 di Kantor KPU Kota Surakarta, Jawa Tengah, Senin (2/12/2019). (Foto: ANTARA/Mohammad Ayudha/ama.)

KBRN, Jakarta: Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menemukan gudang logistik Pemilu 2024 berdempetan dengan bangunan berbahan triplek (kayu). Posisi gudang logistik pemilu tersebut, sangat rawan tersambar 'si jago merah' jika terjadi kebakaran.

"Ada kita temukan gudang logistiknya berdekatan dengan gudang (bangunan) lain, mengunakan triplek. Satu sisi kita sudah aman, satu sisi lain sebelahnya, kalau dia terbakar, akan bisa ke gedung logistik kita," kata Komisioner Bawaslu Herwyn J. H. Malonda dalam dialog Pro3 RRI, Rabu (3/1/2024).

Oleh karena itu, lanjutnya, KPU harus menyediakan alat pemadam api ringan. Dikhawatirkan, terjadi kebakaran di dalam gudang logistik Pemilu 2024 tersebut.

"Siapkan alat pemadam api ringan, karena potensi kebakaran, kami temukan juga petugas keamanan di gudang hanya satu orang. Seharusnya ada beberapa orang, misal 2-3 orang, kalau satu orang jaga, nggak bisa kerja 24 jam," ujarnya.

Tidak hanya itu, Herwyn mengatakan, Bawaslu juga menemukan jendela ventilasi gudang logistik yang belum tertutup rapat. Hal tersebut, membuat sisi keamanan gudang logistik berkurang

"Sangat penting dan krusial ini, maka gudang logistiknya diharapkan itu ada pengadaan CCTV. Jadi selama 24 jam berjalan, bisa tahu apa yang terjadi di situ," ucapnya.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI