TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Ditanya Terkait Bagaimana Membangun Literasi, Anies Baswedan: Dorong Kebiasaan Membaca

Ditanya Terkait Bagaimana Membangun Literasi, Anies Baswedan: Dorong Kebiasaan Membaca

3 Januari 2024 19:23 WIB
Ditanya Terkait Bagaimana Membangun Literasi, Anies Baswedan: Dorong Kebiasaan Membaca
tangkapan layar akun YouTube @aniesbaswedan

TVRINews, Sumatera Barat

Calon Presiden dengan nomor urut 1, Anies Baswedan ditanyakan oleh masyarakat terkait rencananya dalam membangun literasi, saat menghadiri acara 'Desak Anies' di Lapangan Cindua Mato, Tanah Datar, Sumatera Barat pada hari Rabu, 3 Januari 2024.

Menanggapi hal tersebut, Anies mendorong konsep kebiasaan membaca untuk anak-anak. Ia mengatakan bahwa menjadikan kebiasaan membaca merupakan bagian dari budaya membaca.

"Anak-anak kita biasakan untuk membaca, bangun daya tahan membaca, minat baca. Kita mengajarkan kebiasaan jadi budaya membaca. Budaya membaca itu enggak otomatis ada, prosesnya itu ingin kita kerjakan yang berikutnya didorong," kata Anies dalam keterangan yang diterima oleh tvrinews.com, Rabu, 3 Januari 2024.

Lebih lanjut, Anies menjelaskan terkait konsep kebiasaan membaca untuk anak-anak ini dengan setiap pagi sebelum kelas dimulai, selama 15 menit, anak-anak dapat membaca buku pilihan mereka sendiri tanpa batasan genre.

"Jadi kami ingin nanti agar ada pembiasaan bagi anak-anak kita. Biarkan anak memilih buku yang dia sukai, lalu dia baca 15 menit. Tapi itu dijadikan sebagai kebiasaan, 15 menit baca setiap pagi sebelum pelajaran dimulai," ujarnya.

Selain membaca, Anies juga menekankan pentingnya mengarang sebagai langkah untuk menumbuhkan imajinasi anak-anak.

"Berikutnya adalah kita dorong untuk anak-anak itu mengarang. Mengarang itu menjadi penting sekali karena menumbuhkan imajinasi," ucapnya.

Baca Juga: Penuhi Panggilan Bawaslu Jakpus, Gibran Tegaskan Bagi Susu di CFD Bukan Kampanye

Pewarta: Krisafika Taraisya Subagio
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI