TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Tingkatkan Minat Anak Muda untuk Bertani, Muhaimin Janji Anggaran Rp150 triliun

Tingkatkan Minat Anak Muda untuk Bertani, Muhaimin Janji Anggaran Rp150 triliun

3 Januari 2024 19:48 WIB
Tingkatkan Minat Anak Muda untuk Bertani, Muhaimin Janji Anggaran Rp150 triliun
Tingkatkan Minat Anak Muda untuk Bertani, Muhaimin Janji Anggaran Rp150 triliun

TVRINews, Jakarta

Pasangan Calon Presiden (Capres) dan Wakil Presiden (Cawapres) Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menjanjikan anggaran Rp 150 Triliun di bidang pertanian khususnya bagi generasi muda. Hal tersebut dikatakan Muhaimin Iskandar, agar anak muda Indonesia kedepannya semakin tertarik terjun di sektor pertanian.

Selain itu, Muhaimin juga menjelaskan, bahwa dengan mengajak kaum muda bertani, diharapkan dapat berdampak positif untuk kemandirian pangan hingga meminimalkan kegiatan impor.

“Sebetulnya, untuk kaum muda ini, mulai dari skill, sekolah, bisnis, bekerja, makan, satu kesatuan kami hitung Rp150 triliun,” kata Muhaimin, yang dikutip dari antara, Rabu, 03 Januari 2023.

Calon wakil presiden nomor urut 1 tersebut mengatakan pihaknya bersama calon presiden Anies Baswedan telah menghitung anggaran bagi generasi muda untuk tertarik terjun ke sektor pertanian. Menurutnya, bila semakin banyak anak muda tertarik bertani, maka produksi pertanian dalam negeri juga akan meningkat dan berkualitas.

“Kalau pertanian produktif, petani untung, kaum muda juga mau bertani, semakin banyak produksi yang berkualitas. Kitatidak akan mengandalkan impor lagi. Impor kita harus dihentikan, syukur-syukur sampai kita betul-betul mandiri di bidang pangan,” tambah Muhaimin.

Calon Wakil Presiden RI Muhaimin Iskandar menyebut petani di Indonesia sudah menderita dalam 10 tahun terakhir akibat pengelolaan tata niaga pertanian yang kurang berpihak kepada pahlawan pangan tersebut sehingga hidup mereka belum sejahtera. Dengan anggaran bagi kaium muda, diharapkan, dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Selain itu, menjadi cara agar Indonesia terbebas dari impor, serta menjadi mandiri secara pangan. Dalam buku visi dan misi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), pasangan calon usungan Koalisi Perubahan itu menjanjikan akan menerapkan kemandirian pangan, antara lain dengan meminimalkan kegiatan impor serta meningkatkan kesejahteraan petani lewat sistem pertanian kontrak (contract farming).

Baca Juga: KTP Sakti Ganjar-Mahfud Sempurnakan Program Bansos

Pewarta: Alfin
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI