TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • Deputi Hukum TPN, Luruskan Bansos Berasal dari Uang Rakyat dan Bukan Kedermawanan

Deputi Hukum TPN, Luruskan Bansos Berasal dari Uang Rakyat dan Bukan Kedermawanan

3 Januari 2024 19:07 WIB
Deputi Hukum TPN, Luruskan Bansos Berasal dari Uang Rakyat dan Bukan Kedermawanan
Deputi Hukum TPN, Luruskan Bansos Berasal dari Uang Rakyat dan Bukan Kedermawanan

TVRINews, Jakarta

Deputi Hukum Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis, menegaskan, bahwa ada missing link yang harus diluruskan terkait bantuan sosial (bansos) agar tidak diklaim sebagai kedermawanan pihak tertentu. 

Hal itu, disampaikan Todung dalam menanggapi pemberitaan media terkait pernyataannya yang seolah-olah mengindikasikan, TPN Ganjar-Mahfud meminta penyaluran bansos beras ditunda sampai Pemilu berakhir. 

“Ada yang mempersoalkan pernyataan pers saya, beberapa waktu lalu, terkait penyaluran bansos. Dengan ini saya mengatakan, bahwa pemberitaan mengenai pernyataan saya itu dibuat di luar konteks sebenarnya. Ada missing link di situ. Melalui kesempatan ini, izinkan saya meluruskan isi pemberitaan agar dipahami oleh kita semua," kata Todung, dalam keterangan resmi di Gedung High End, Jakarta, Rabu, 3 Desember 2023.

Todung menjelaskan, pernyataan yang dikutip tanpa menyertakan konteks dari konferensi pers yang dilakukan TPN Ganjar-Mahfud,  pada 29 Desember 2024, di Media Center Cemara, Jakarta dapat menimbulkan salah persepsi di masyarakat, bahkan dipolitisasi pihak tertentu. 

Adapun konferensi pers itu dilakukan TPN Ganjar-Mahfud untuk menyikapi beberapa isu yang muncul akhir-akhir ini, seperti kertas suara yang diedarkan secara dini di Taiwan, sinyal Mendagri Tito Karnavian mengenai kemungkinan ancaman penembakan terhadap Capres, politik uang, dan kriminalisasi yang terjadi pada proses Pemilu.

Ada juga fenomena politik uang, ketika Gus Miftah di Pamekasan, Madura membagi-bagikan uang kepada santri, sementara ada yang mengangkat gambar Paslon 2, Prabowo-Gibran.

Gus Miftah sudah membantah bahwa kegiatan bagi-bagi uang itu bukan kampanye. 

Lalu, ada bagi-bagi beras dengan karung bergambar paslon tertentu, bagi-bagi amplop berisi uang dengan amplop paslon tertentu, dan  lain-lain.

"Jadi, kami membahas tentang fenomena politik uang dalam berbagai bentuk yang marak terjadi, pada masa kampanye pemilihan presiden," ujar Todung.

Pewarta: Nisa Alfiani
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI