RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Persiapan Debat Ketiga Capres-Cawapres Sudah 90 Persen

Persiapan Debat Ketiga Capres-Cawapres Sudah 90 Persen

4 Januari 2024 06:39 WIB
Persiapan Debat Ketiga Capres-Cawapres Sudah 90 Persen
KPU RI (Foto : Ist)

KBRN, Jakarta: Persiapan debat Capres-Cawapres ke tiga yang digelar di Istora Senayan sudah mencapai 90 persen. Hal ini disampaikan, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, August Mellaz. 

Menurut Mellaz, untuk format debat ke tiga Capres dan Cawapres tidak mengalami banyak perubahan. Selain itu, lokasi debat ketiga pun sudah ditetapkan KPU RI. 

“Untuk desian tata letak panggung debat juga tidak mengalami banyak perubahan. Hampir 90 persen dan sudah tinggal bagian-bagian akhir saja,” kata August Mellaz dalam keterangan pers di Jakarta, Kamis (4/1/2024). 

Selain itu, Mellaz mengatakan KPU RI telah menetapkan 11 panelis untuk debat ketiga calon presiden dan calon wakil presiden 2024. Panelis itu yakni Prof Angel Damayanti guru besar bidang keamanan UKI, Curie Maharani Savitri Dosen Hubungan Internasional dan Ahli Kajian Industri pertahanan dan ahli teknologi Universitas Binus. 

“Kemudian, Prof. Evi Fitriani, Ph.D, (Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia), Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M., Ph.D (Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia dan Rektor Universitas Jenderal Ahmad Yani), I Made Andi Arsana, S.T., M.E., Ph.D (Ahil Aspek Geospasial Hukum Laut Universitas Gadjah Mada). Selanjutnya, 

Dr. lan Montratama (Dosen Program Studi Hubungan Internasional Ahli Keamanan dan Pertahanan Universitas Pertamina), Irine Hiraswari Gayatri, Ph.D (Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional), Dr. Kusnanto Anggoro (Pakar Keamanan Universitas Pertahanan),” ujar Mellaz.

Selanjutnya, Laksamana TNI (Purn) Prof. Dr. Marsetio (KSAL 2012-2014 dan Ketua Dewan Guru Besar Universitas Pertahanan), Philips J. Vermonte, Ph.D (Dekan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Islam Internasional Indonesia dan Senior Fellow CSIS). Dan yang terakhir yakni Prof. Dr. R. Widya Setiabudi Sumadinata, S.I.P. S.SI., M.T, M.SI. (Han) (Guru Besar Bidang Keamanan Global Universitas Padjadjaran).

Perlu diketahui, Debat ketiga Capres-Cawapres 2024 akan digelar pada Minggu 7 Januari 2024 di Istora Senayan, Jakarta Pusat. Untuk tema debat ke tiga pertahanan, keamanan, hubungan internasional, dan geopolitik. 

Pewarta: Aditya Prabowo
Editor: Allan
Sumber: RRI