RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU Harapkan Debat Ketiga Capres-Cawapres Lebih Tajam

KPU Harapkan Debat Ketiga Capres-Cawapres Lebih Tajam

4 Januari 2024 09:38 WIB
KPU Harapkan Debat Ketiga Capres-Cawapres Lebih Tajam
Suasana debat perdana capres-cawapres Pilpres 2024, di Kantor KPU RI, Jakarta. KPU RI mengharapkan, penyelenggaraan debat ketiga capres-cawapres Minggu 7 Januari 2024 lebih tajam (Foto: antara)

KBRN, Jakarta: KPU RI mengharapkan, penyelenggaraan debat ketiga capres-cawapres Pilpres 2024 lebih tajam penyampaian visi-misi dan program kerja. Diharapkan KPU, masyarakat menjadi dapat wawasan besar dari debat ketiga untuk tiga capres tersebut.

"Terkait pelaksanaan debat pertama, kedua, ketiga akan mampu disampaikan untuk mempertajam. Kemudian meningkatkan kualitas dari debat ketiga," kata Komisioner KPU RI August Mellaz dalam keterangan persnya, Kamis (4/1/2024)

Mellaz mengaku, KPU sudah melakukan rapat dengan stasiun televisi penyelenggara debat ketiga capres-cawapres. Dalam rapat tersebut, membahas urusan lokasi hingga layout desain.

"Termasuk, space yang tersedia, kami pahami ada semacam kenisacayaan pengalaman-pengalaman intim yang dimiliki oleh masing-masing tim paslon. Mungkin nanti bisa dimulai dari pemaparan awal beberapa hal yang terkait dengan pelaksanaan debat," ucap Mellaz.

Kemudian, Mellaz menegaskan, alur dan format debat ketiga untuk capres tidak mengalami perubahan. Yang berubah, dikatakannya, hanya lokasi venue debat capres-cawapres, yakni di Istora Senayan, Jakarta.

"Secara prinsip alur dan kemudian format debat tidak akan mengalami perubahan, perubahan itu, terjadi karena venue saja lokasinya. Berbeda, tetapi sedapat mungkin layout dan sebagainya tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan debat kedua di JCC," ujar Mellaz.

Seperti diketahui, terjadi lima kali debat capres-cawapres 2024. Dua kali sebat sudah dilakukan yakni Depat Capres Selasa 12 Desember 2023, lalu debat kedua atau debat cawapres, Jumat 22 Desember 2023

Debat ketiga atau debat Capres akan digelar Minggu 7 Januari 2024. Dua jadwal debal lainnya adalah debat keempat Minggu 14 Januari 2024 dan debat terakhir Minggu 4 Februari 2024

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: witokaryono
Sumber: RRI