RRI

Persiapan Debat Ketiga Capres Capai 90 Persen

4 Januari 2024 10:17 WIB
Persiapan Debat Ketiga Capres Capai 90 Persen
Suasana debat perdana capres-cawapres Pilpres 2024, di Kantor KPU RI, Jakarta. (Foto: Istimewa)

KBRN, Jakarta: Persiapan debat ketiga untuk Calon Presiden (Capres) pada Pilpres 2024 dilaporkan sudah mencapai 90 persen. Komisioner KPU August Mellaz menyatakan, artinya, persiapan penyelenggaraan lsudah tahap finishing ​(akhir).

"Secara teoritis sebenarnya sudah tinggal bagian-bagian akhir saja. Misalnya tempatnya sudah definitif, kemudian layout-nya teoritis tidak akan banyak mengalami perubahan dibandingkan debat kedua," kata Komisioner Mellaz dalam keterangan persnya, Kamis (4/1/2024).

Lokasi debat di Istora Senayan, Jakarta, disebutkan Mellaz, berada di indoor (dalam ruangan). Dalam lokasi tersebut, Mellaz memastikan obstacle-nya (rintangan) juga beda.

"Murni sebenarnya, karena begini, yang pasti dulu kan komitmennya untuk debat perdananya di KPU. Kemudian, kita tahu ada evaluasinya begitu, dan itu kan komitmen awalnya kan memang perdana di KPU," ucap Mellaz.

Kemudian, Mellaz menjelaskan, lokasi indoor sangat bergantung pada ketersediaan gedung itu sendiri. Misalnya, posisi untuk bongkar muat barang hingga posisi keluar masuk paslon dan timses capres-cawapres.

"Semua media penyelenggara yang kami undang menyiarkan pelaksanaan debat, baik satu, dua, tiga, empat, dan lima. Duduk satu meja membahas persoalan ini bersama-sama dan membagi peran masing-masing," ujar Mellaz.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI