TVRI

  • Beranda
  • Berita
  • TPN Ganjar-Mahfud Luncurkan 4 Aplikasi Inovatif Tuk Mudahkan Akses dan Pencegahan Disinformasi

TPN Ganjar-Mahfud Luncurkan 4 Aplikasi Inovatif Tuk Mudahkan Akses dan Pencegahan Disinformasi

5 Januari 2024 15:53 WIB
TPN Ganjar-Mahfud Luncurkan 4 Aplikasi Inovatif Tuk Mudahkan Akses dan Pencegahan Disinformasi
TPN Ganjar-Mahfud Luncurkan 4 Aplikasi Inovatif Tuk Mudahkan Akses dan Pencegahan Disinformasi

TVRINews, Jakarta 

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar dan Mahfud meluncurkan aplikasi untuk meningkatkan aksesibilitas informasi dan memerangi disinformasi di kalangan para pemilih.

Deputi Operasi 247 TPN Ganjar-Mahfud, Denon Prawiraatmadja menyampaikan saat ini sudah ada empat aplikasi ekosistem digital yang sangat ramah pengguna yang telah diperkenalkan kepada masyarakat. Keempat aplikasi tersebut adalah Ganjar Twin AI, GPMMD3, OMG (Oke Mas Ganjar), dan Ganjar Mahfud App.

“Kemajuan teknologi menjadi  cara tercepat menyampaikan pesan politik. Dan, ini  dapat berdampak luas  untuk cara pemilih, politisi, dan wartawan, menilai sosok dan program pasangan Capres Ganjar - Cawapres  Mahfud,” kata Denon Prawiraatmadja, di Jakarta, Jumat, 5 Januari 2024.

Denon menyatakan keempat aplikasi yang diperkenalkan tidak hanya memiliki fungsi eksternal, tetapi juga menjadi bekal bagi para juru kampanye (Jurkam) dan relawan dalam mendukung program prorakyat yang diusung oleh pasangan Ganjar-Mahfud untuk Pilpres 2024. 

Selain itu, dengan adanya ekosistem digital, calon pemilih akan mendapatkan perlindungan yang lebih baik dari berbagai berita palsu atau hoaks.

“Itu sebabnya, TPN Ganjar-Mahfud menerapkan teknologi sebagai salah satu strategi kampanye Pilpres 2024. Kita punya sebuah  amunisi jitu,   yaitu ekosistem digital Ganjar-Mahfud. Alhamdullilah, ini akan menjadi  amunisi super hasil karya gotong-royong  begitu banyak relawan Ganjar Mahfud,” jelasnya.

Adapun keempat aplikasi itu, yakni aplikasi Ganjar Twin AI atau Ganjar AI berisi konten Chat GPT yang dapat membedah visi-misi 21 Program Sat Set Ganjar-Mahfud. Ia mengatakan publik dapat mengakses informasi tentang program kerja Ganjar-Mahfud.

“Ganjar AI dirancang untuk  memahami dan merespons berbagai pertanyaan pengguna serta memberikan informasi komprehensif tentang program kerja dan visi misi Ganjar Pranowo sebagai salah satu kandidat Presiden Indonesia,” kata Suka.

Kemudian, Super App GPMMD3 merupakan aplikasi serba guna yang diciptakan Relawan MotoGP atau Mobilitas Total Ganjar Pranowo.

Juru Bicara MotoGP, Arvin mengatakan aplikasi ini untuk mendukung secara maksimal TPN dalam menawarkan beragam informasi dan update terkini aktivitas Ganjar- Mahfud. Super App ini diperkaya fitur pemindai KTP Otomatis, LaporGan, Chat GPMMD 24 Jam, Galeri, dan GP Point.

Selanjutnya, Super App GPMMD3, Arvin mengatakan aplikasi ini sebagai komitmen Relawan MoTo GP untuk memenangkan Ganjar-Mahfud pada Pilpres 2024. Aplikasi ini juga menjadi wadah partisipasi aktif masyarakat menjaga integritas demokrasi," kata Arvin.

Sementara itu, Aplikasi OMG (Oke Mas Ganjar), Daned Haricoyo mengatakan bahwa aplikasi OMG menjadi wahana bagi kalangan anak muda untuk bicara. 

“Pilpres 2024  ditandai  dominasi kaum muda, khususnya Generasi Z dan Milienial di barisan terdepan  pemilih. Alumni Menteng 64,  pendukung Ganjar-Mahfud (AM64) menginisiasi lahirnya aplikasi Oke Mas Ganjar (OMG) yang ditujukan kepada kaum muda calon pemilih paslon Nomor Urut 3, Ganjar-Mahfud,” kata Daned.

saat ini aplikasi OMG telah tersedia di platform Play Store dan App Store, yang dilengkapi  fitur utama, di antaranya Curhat, Podcast, dan Event.

Terakhir, Aplikasi Ganjar-Mahfud App. Kepala Sekretariat Pimpinan TPN Ganjar-Mahfud, Regi Wahyu mengungkapkan aplikasi keempat, khusus dibuat teman-teman muda Ganjar Pranowo.

Aplikasi ini berperan sebagai aggregator dan menyediakan berbagai macam konten komunikasi tentang Ganjar-Mahfud.

“Tanpa terkecuali, siapa saja  yang ingin mempromosikan Ganjar-Mahfud, dapat dengan mudah mengambil materi komunikasi dari aplikasi ini,” jelas Reggy.

Selain itu, Reggy mengatakan kelebihan keempat aplikasi ini adalah dapat menghadirkan pengalaman tersendiri bagi  calon pemilih dan menjadi bagian penting dalam proses pelaksanaan Pilpres 2024.

Lebih lanjut, Reggy mengatakan seiring  meningkatnya kebutuhan solusi teknologi dalam kampanye politik, TPN Ganjar-Mahfud juga meluncurkan aplikasi revolusioner “Jangkar Ganjar” dirancang untuk mendukung organisasi relawan dan tim relawan mendukung pemenangan Ganjar Pranowo – Mahfud MD.

“Jangkar Ganjar menyediakan data aktual dan analisis real-time. Koordinasi Antar Organ Relawan, memfasilitasi integrasi dan koordinasi antar berbagai organ relawan. Jadi, 'Jangkar Ganjar' memastikan komunikasi yang efektif dan sinergi yang kuat antar tim,” jelas Reggy.

Pewarta: Ridho Dwi Putranto
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI