TVRI

KPU Tambah 1 Stasiun TV untuk Debat Ketiga

5 Januari 2024 21:45 WIB
KPU Tambah 1 Stasiun TV untuk Debat Ketiga
KPU Tambah 1 Stasiun TV untuk Debat Ketiga

TVRINews, Jakarta

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memperluas jumlah media penyelenggara untuk debat ketiga calon presiden pada 7 Januari 2024.

Selain MNC Group yang terdiri dari 4 stasiun televisi, debat ketiga juga akan disiarkan oleh Garuda TV.

Dengan demikian, total 5 stasiun televisi akan menjadi penyelenggara, termasuk MNC TV, iNews, RCTI, GTV, dan Garuda TV.

"Untuk TV penyelenggara MNC Group dan ditambah support dari Garuda TV. Di MNC ada MNC TV, Inews, RCTI, dan Global TV ditambah dengan Garuda TV," kata anggota KPU RI August Mellaz dalam konferensi pers di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat, 5 Januari 2024.

August Mellaz menyatakan penambahan stasiun televisi tersebut telah melibatkan diskusi dengan tim pasangan calon presiden, calon wakil presiden yang bertanding di Pilpres 2024, dan stasiun televisi yang bersangkutan.

Ketua KPU Hasyim Asy'ari menjelaskan KPU sebagai penyelenggara Pemilu, berusaha merespons dan mempertimbangkan berbagai masukan dari semua pihak, khususnya tim pasangan calon yang akan memfasilitasi masing-masing calon.

"Dengan demikian termasuk perubahan komposisi televisi penyelenggara, dengan adanya penambahan satu televisi yang menyelenggarakan siaran debat tersebut tentu sudah dengan berbagai macam pertimbangan dan berbagai pembicaraan," ujar Hasyim Asy'ari.

Debat ketiga dijadwalkan berlangsung selama 150 menit, terdiri dari debat selama 120 menit dan jeda iklan selama 30 menit, dimulai pukul 19.00 WIB. Acara ini direncanakan terbagi dalam enam segmen, termasuk presentasi visi, misi, dan program kerja pada segmen pertama, serta sesi tanya jawab dengan panelis pada segmen kedua dan ketiga.

Kemudian, pada segmen empat dan lima akan melibatkan tanya jawab antara sesama calon presiden, sedangkan segmen keenam atau terakhir akan berisi pernyataan penutup dari masing-masing calon.

Pewarta: Ahmad Fajarullah
Editor: Redaktur TVRINews
Sumber: TVRI