RRI

Cak Imin Beri Solusi Pengembangan UMKM di Garut

5 Januari 2024 23:00 WIB
Cak Imin Beri Solusi Pengembangan UMKM di Garut
calon wakil presiden (Cawapres) Muhaimin Iskandar mengunjungi Sentra Kerajinan Kulit di Sukaregang, Garut Jawa Barat. (Foto: AMIN)

KBRN, Jakarta: Dalam kampanyenya, calon wakil presiden (Cawapres) Muhaimin Iskandar mengunjungi Sentra Kerajinan Kulit di Sukaregang, Garut Jawa Barat. Di mana, ia memberikan solusi untuk pengembangan UMKM ini. 

"Pertama, masifkan promosi baik di dalam maupun luar negeri. Yang kedua peningkatan mutu kualitas produk, ini harus didampingi dan diciptakan suatu standar kualitas karya kreatif yang level nasional maupun internasional," kata Cak Imin sapaan akrabnya, Jumat (5/1/2023). 

Ketiga, ujar Cak Imin, akses permodalan harus dipermudah sehingga UMKM ini bisa berkembang dan maju. Menurutnya, AMIN (Anies-Muhaimin) menang, telah disiapkan pendampingan khusus UMKM. 

"Ini mulai dari peningkatan kualitas mutu, akses permodalan mudah hingga menyiapkan pasarnya. Nah tiga ini lah yang akan AMIN lakukan nanti pendampingan kualitas dan mutu daya saingnya yang kedua permodalan, yang ketiga pasar yang harus dibuka," ujarnya. 

Menurut Cak Imin, pemerintah harus investasi di bidang promosi internasional. Seperti halnya Korea yang berinvestasi besar-besaran untuk mendukung kemajuan ekonomi warganya. 

"Kita bisa belajar dari korea. Korea itu menang di promosinya," ucapnya. 

Pewarta: Mandra
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI