RRI

  • Beranda
  • Berita
  • KPU: Format, Alur, dan Durasi Waktu Tidak Berubah

KPU: Format, Alur, dan Durasi Waktu Tidak Berubah

7 Januari 2024 09:08 WIB
KPU: Format, Alur, dan Durasi Waktu Tidak Berubah
Suasana debat perdana capres-cawapres Pilpres 2024, di Kantor KPU RI, Jakarta. (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: Komisioner KPU RI August Mellaz menjelaskan, durasi debat ketiga capres-cawapres Pilpres 2024 tetap 150 menit. Dari 150 menit itu, 120 menit fokus untuk debat para capres dan 30 menit jeda iklan.

"Format alur dan kemudian durasi waktu terkait dengan pelaksanaan debat tidak mengalami perubahan. (Debat ketiga capres-cawapres) terbagi enam segmen," kata Mellaz dalam keterangan persnya, Minggu (7/1/2024).

Enam segmen tersebut, Mellaz menjelaskan, mulai dari pembukaan pembacaan tata tertib dan penyampaian visi-misi serta program kerja. Segmen pertama, sebagaimana rotasi yang sudah berlangsung sejak debat pertama kedua dan ketiga.

"Debat ketiga ini penyampaian visi-misi pada bagian pertama akan dimulai oleh calon Presiden nomor urut 3. Kalau (debat) pertama dimulai dari capres nomor urut 1, debat kedua dimulai dari cawapres nomor urut 2," ucap Mellaz.

"Dan, ketiga nanti dimulai dari capres nomor urut 3. Nanti keempat, kelima seterusnya akan berlangsung rotasi yang sebagaimana sudah ditentukan."

Kemudian, Mellaz menuturkan, segmen kedua dan ketiga tetap sama yakni pendalaman visi-misi dan program kerja. Segmen keempat dan kelima tanya jawab dan tanggapan.

"Segmen ke-6 itu penutup atau closing statement dari masing-masing capres yang akan hadir pada debat ketiga. Jadi proses seluruh segmen tidak ada perubahan," ujar Mellaz.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI