RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Alasan KPU Tambahkan Garuda TV Sebagai Penyelenggara Debat

Alasan KPU Tambahkan Garuda TV Sebagai Penyelenggara Debat

7 Januari 2024 10:30 WIB
Alasan KPU Tambahkan Garuda TV Sebagai Penyelenggara Debat
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari saat menyampaikan sabutan di acara debat kedua capres-cawapres Pilpres 2024, di JCC Senayan, Jakarta. (Foto: RRI/Charlie Raindhard)

KBRN, Jakarta: Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan, alasan menambahkan Garuda TV sebagai penyelenggara debat ketiga capres-cawapres Pilpres 2024. Sebelumnya, stasiun televisi penyelenggara debat ketiga untuk capres ini adalah MNC Group, yakni, RCTI, Inews, dan Global TV.

"Terkait media televisi, KPU ini sebagai penyelenggara pemilu merespons atau apa namanya mempertimbangkan berbagai masukan dari berbagai pihak. Terutama tim pasangan calon yang akan memfasilitasi masing-masing calonnya untuk debat," kata Hasyim dalam keterangan persnya, Minggu (7/1/2024).

Diketahui, TKN Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka memprotes, MNC Group menjadi TV penyelenggara debat ketiga capres-cawapres. Karena, pemilik MNC Group Hary Tanoesoedibjo dinilainya terafiliasi memberikan dukungan politik kepada Capres-Cawapres Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

"Dengan demikian termasuk perubahan komposisi televisi penyelenggara dengan adanya tambahan satu televisi dalam tim televisi yang menyiarkan debat. Tentu sudah dengan berbagai macam pertimbangan dan pembicaraan dengan berbagai pihak yang terlibat dalam debat capres nanti," ucap Hasyim.

Oleh karena itu, debat ketiga untuk capres akan ditayangkan di Garuda TV serta jaringan MNC Group. Jaringan MNC Group, yakni MNC TV, RCTI, Global TV, dan iNews TV mulai pukul 19.00 WIB.

Adapun debat ketiga pilpres tersebut akan mengangkat tema seputar pertahanan, keamanan. Kemudian, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Allan
Sumber: RRI