RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Produksi dan ​Distribusi Logistik Pemilu Tahap Pertama Tuntas

Produksi dan ​Distribusi Logistik Pemilu Tahap Pertama Tuntas

7 Januari 2024 14:07 WIB
Produksi dan ​Distribusi Logistik Pemilu Tahap Pertama Tuntas
Petugas gudang logistik pemilu menyiapkan kotak suara (Foto: Antara)

KBRN, Jakarta: Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan produksi dan distribusi logistik Pemilu 2024 tahap pertama sudah mencapai 100 persen. Hal tersebut disampaikan Komisioner KPU, Yulianto Sudrajat, Minggu (7/1/2024).

"Ini artinya pemenuhan logistik pemilu tahap pertama di dalam negeri sudah terpenuhi semuanya," ujarnya. Baik untuk pengiriman, maupun penerimaan di gudang setiap KPU Kabupaten/Kota.

Menurut Yulianto, pemenuhan logistik tahap pertama itu didasarkan pada jumlah daftar pemilih tetap (DPT). Ini juga sesuai dengan Surat Keputusan KPU Nomor 857/2023 tentang penetapan DPT Tingkat Nasonal dan jumlah TPS.

Dijelaskan Yulianto bahwa logistik pemilu tahap pertama terdiri dari kotak suara, surat suara, tinta, dan segel. Sedangkan logistik tahap kedua berisi surat suara pemilihan presiden/wakil presiden, DPR, DPD, serta DPRD tingkat provinsi dan kabupaten/kota.

KPU menargetkan distribusi logistik tahap kedua sudah bisa tuntas pada 15 Januari 2024. "Kami akan terus memantau perkembangannya," ujar Yulianto.

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI