RRI

Timnas AMIN Soroti Utang Pembelian Alutsista

7 Januari 2024 18:15 WIB
Timnas AMIN Soroti Utang Pembelian Alutsista
Juru Bicara Timnas AMIN Sukamta. (Foto: PKS)

KBRN, Jakarta: Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar mengaku heran dengan kondisi negara yang lebih memilih berutang. Khususnya untuk membeli alustsista ketimbang alat pertanian.

Terkait hal itu, Juru Bicara Timnas AMIN Sukamta menilai, Cak Imin sedang mengingatkan bahwa seorang pemimpin harus memiliki prioritas dalam pembangunan. Apalagi di tengah keterbatasan anggaran dengan banyaknya kebutuhan. 

"Nah, prioritas yang dibuat jangan sampai mengorbankan rakyat. Karena kesejahteraan rakyat merupakan prioritas yang tidak bisa ditawar-tawar," kata Sukamta, Minggu (7/1/2024). 

Anggota Komisi I DPR RI ini menyatakan bahwa paradigma kalau ingin damai, harus siap perang, bisa ditempatkan secara bijak sesuai dengan tempatnya. Anggaran belanja alutsista jangan sampai melampaui yang semestinya, mengingat rakyat juga butuh kesejahteraan.

Sukamta melanjutkan, ketahanan tidak melulu soal militer dan alutsista. Sebab, model perang sekarang sudah terus berkembang, tidak hanya perang militer, namun perang non-militer, dan perang hibrida. 

"Sehingga ketidaksejahteraan rakyat juga merupakan ancaman terhadap ketahanan nasional. Kalau rakyat miskin, secara tidak langsung negara akan rentan dan rapuh, meskipun alutsista kuat," ujarnya. 

"Jadi, memprioritaskan aspek pertahanan di atas kesejahteraan itu tidak bijak. Karena pertahanan yang paling utama adalah pada kualitas sumber daya manusianya, bukan pada aspek kekuatan fisik militer dengan teknologi alutsista yang canggih," ucapnya.

Pewarta: Mandra
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI