RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Debat Ketiga, Anies Siap Bebaskan Palestina dari Penjajahan

Debat Ketiga, Anies Siap Bebaskan Palestina dari Penjajahan

7 Januari 2024 20:10 WIB
Debat Ketiga, Anies Siap Bebaskan Palestina dari Penjajahan
Capres nomor urut satu Anies Baswedan menyampaikan pandangannya saat debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri. (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)

KBRN, Jakarta: Calon presiden nomor urut 1, Anies Baswedan menyatakan, siap bekerja keras untuk membebaskan Palestina dari penjajahan. Hal itu diutarakannya saat sesi debat dengan tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik dan politik luar negeri.

"Ini amanat terpenting, menghapuskan penjajahan di muka bumi. Bukan sekedar statemen dalam upacara tapi presiden dan seluruh jajaran diplomasi bekerja keras untuk itu khususnya, untuk Palestina," kata Anies dalam debat di Istora Senayan, Minggu (7/1/2024). 

Untuk itu, Anies memastikan, sudah saatnya Indonesia tidak hadir sebagai penonton. Tetapi selayaknya menjadi penentuh arah tatanan dunia. 

"Indonesia tidak hadir sebagai penonton. Tapi Indonesia hadir sebagai penentu arah perdamaian, kemakmuran bagi seluruh bangsa di level global maupun di level regional," ujarnya. 

Terlebih, kekuatan Indonesia dalam sektor kebudayaan dan kesenian harus mewarnai kancah dunia. Sehingga, nama Indonesia semakin harum di dunia internasional. 

"Kita ingin film, seniman, kuliner, diplomat, diaspora kita menjadi fenomena dunia. Hadir mewarnai kancah internasional," ucapnya.

Pewarta: Mandra
Editor: Rini Hairani
Sumber: RRI