RRI

Prabowo Tak Akan Serang Capres Lain dalam Debat

7 Januari 2024 20:55 WIB
Prabowo Tak Akan Serang Capres Lain dalam Debat
Dewan Penasihat Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Ridwan Kamil menjawan pertanyaan awak media saat tiba di kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan. (Foto: RRI/Saadatuddaraen)

​KBRN, Jakarta: Dewan Penasihat Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Ridwan Kamil mengatakan Prabowo memiliki jiwa kenegaraan. Sehingga merasa tidak perlu menyerang capres lain saat debat ketiga, malam ini.

"Enggak begitulah (akan attack atau defend, Red). Jadi, bahkan kan terus terang ada berapa momen Pak Prabowo tidak menyampaikan pertanyaan yang sifatnya 'attack' gitu," ujar Ridwan Kamil di Kertanegara, Minggu (7/1/2024).

"Karena beliau dengan jiwa kenegaraan menyatakan tidak perlu lah hal-hal begitu. Saya meyakini itu dari hati Pak Prabowo yang sebenarnya," ucapnya.

Ridwan Kamil menjelaskan, Prabowo tidak ingin memberi pertanyaan yang nantinya malah memperlihatkan kelemahan Capres lain. Padahal, Prabowo sendiri kerap mendapat pertanyaan yang sifatnya menyerang.

"Tidak ingin memperlihatkan melemahkan pihak kompetitor dengan cara-cara menanyakan hal-hal yang sifatnya mungkin terlalu gimana ya. Walaupun, beliau mendapat tanda kutip lah ya pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya menyerang," katanya.

Terkait adanya pertanyaan-pertanyaan tendensius yang ditujukan kepada Prabowo, Ia menganggap itu sebagai hal biasa. Kubu Prabowo hanya akan memperkuat dari sisi gestur, substansi, dan penyampaian.

"Kan debat itu dibatasin waktu ya. Kadang-kadang waktu yang membuat situasi bisa terkendali kadang-kadang kurang terkendali," ujar Kang Emil, sapaan akrabnya.​

Pewarta: Saadatuddaraen. ST
Editor: Beri
Sumber: RRI