RRI

  • Beranda
  • Berita
  • Anies dan Ganjar Berikan Penilaian Kinerja Kemenhan

Anies dan Ganjar Berikan Penilaian Kinerja Kemenhan

7 Januari 2024 23:00 WIB
Anies dan Ganjar Berikan Penilaian Kinerja Kemenhan
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (tengah) menyalami capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri), disaksikan cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka usai debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi, geopolitik, dan politik luar negeri (Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc)

KBRN, Jakarta: Capres Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo memberikan penilaian terhadap kinerja Kementerian Pertahanan (Kemenhan). Hal itu diungkapkan pada debat ketiga Pilpres 2024, Minggu (7/1/2024).

"Karena itu menurut saya skornya justru di bawahnya Mas Ganjar (penilaian Ganjar, red). Kalo lima itu ketinggian Pak Ganjar, terima kasih," kata Anies.

Lalu Ganjar juga menanggapi Anies dengan meminta untuk mengungkapkan nilai yang nyata. "Mas Anies nggak usah takut," kata Ganjar.

"Disebut saja angkanya berapa, kayak saya gitu loh, jangan di bawah lima, sebut saja angkanya berapa." Selanjutnya Anies menjawab 11 dari 100.

Menurut Anies, penilaian terhadap Kementerian Pertahanan salah satunya  dilatarbelakangi karena kebijakan yang tidak berpihak untuk para TNI Polri. Terutama dari sisi kesejahteraan.

"Tetapi sisi kebijakan, menurut saya lebih parah, kenapa? Di era Pak SBY kenaikan gaji terjadi sembilan kali. Selama era ini hanya naik gaji tiga kali dan akan naik nanti di tahun depan karena menjelang Pemilu mungkin naik gajinya," ucap Anies.

"Tetapi di sisi lain, kesejahteraannya tidak dipikirkan dengan serius. Mungkin hanya 80 persen, lihat Kementerian Keuangan, lihat Kementerian PUPR, menteri-menterinya mengusahakan peningkatan tukin (tunjangan kinerja) mereka."

"Lalu kita lihat alutsista yang bekas yang itu risikonya adalah keselamatan TNI kita. Mereka bekerja keras menjaga setiap jengkal tanah Indonesia, tetapi mereka tidak di dukung dengan policy." 

"TNI, tentara kita, polisi kita semua bekerja luar biasa di lapangan. Kita harus berikan rasa hormat dan terima kasih karena mereka mengerjakan hal-hal yang sulit, hal-hal yang berat." 

Pewarta: Cecep
Editor: Bara
Sumber: RRI