RRI

​KPU Sebut Aksi Grace Natalie Tidak Tepat

8 Januari 2024 12:46 WIB
​KPU Sebut Aksi Grace Natalie Tidak Tepat
Ketua KPU, Hasyim Asy'ari, memberikan sambutan pada acara debat ketiga capres-cawapres Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024) (Foto: YouTube KPU RI)

KBRN, Jakarta: Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Hasyim Asy'ari, menanggapi aksi Grace Natalie saat jeda iklan debat capres-cawapres, Minggu (7/1/2024). Menurut dia, tindakan Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran mendatangi moderator dengan mengacungkan tiga jari itu tidak tepat.

"Seharusnya dia tidak melakukan itu karena bisa menimbulkan penilaian negatif," ujar Hasyim, Senin (8/1/2024). Meskipun diakuinya bahwa Grace dan kedua moderator saling mengenal, tetapi hal itu tetap tidak patut dilakukan.

Karena itu, Hasyim mengimbau seluruh anggota tim sukses capres-cawapres untuk bertindak sesuai prosedur yang berlaku. "Jika ingin mengoreksi atau mengingatkan, ada liaison officer (LO) yang bisa menyampaikan kepada kami," ucapnya.

Meski begitu, Hasyim mengaku tidak mengetahui persis apa yang diperbincangkan Grace dengan para moderator. "Saya hanya melihat dia mendadak menghampiri meja moderator," katanya.

Sementara itu, Grace menyatakan tindakannya itu disebabkan adanya gestur yang mengganggu dari pendukung paslon capres-cawapres nomor 03. Apalagi, posisi duduk pendukung pasangan Ganjar-Mahfud berada persis di belakang moderator debat. 

"Kami khawatir gerakan-gerakan mereka mengganggu konsentrasi semua paslon," ujarnya. Bukan hanya pasangan Prabowo-Gibran tetapi juga pasangan Anies-Muhaimin. ​

Pewarta: Dedi Hidayat
Editor: Syahrizal Budi Putranto
Sumber: RRI